Tips Travelling ala Backpacker : Simpel dan Murah di Kantong

0
152

Tips Backpacker – Travelling merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan, apalagi jika bepergian ke tempat yang Anda idam-idamkan. Biasanya orang akan memilih koper atau tas jinjing agar dapat membawa barang yang cukup selama bepergian. Namun apabila Anda adalah tipe orang yang santai, tidak terikat, sederhana, dan tidak suka membawa banyak barang, Anda bisa mencoba travelling sebagai seorang backpacker.

Ada beberapa prinsip utama apabila Anda memilih menjadi seorang backpacker. Pertama, independent. Independent disini diartikan bahwa Anda melakukan perjalanan sendiri, dalam artian tidak menggunakan jasa tour. Kedua, tidak banyak membawa barang, hanya membawa barang-barang yang dibutuhkan saja. Ketiga, bersifat mendidik. Seorang backpacker tidak hanya sekedar berjalan-jalan dan bersenang-senang saja, tetapi juga berusaha untuk mengenal serta mempelajari tempat yang dikunjungi. Keempat, mencari sesuatu dengan harga yang ramah di kantong alias murah.

Bagi Anda yang baru akan mencoba melakukan perjalanan sebagai seorang backpacker, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

Menentukan Tempat atau Destinasi
Ini adalah sesuatu yang harus dilakukan ketika Anda akan bepergian. Tentukan dengan jelas kemana Anda ingin melakukan perjalanan.

Mencari Tiket Transportasi yang Murah
Sesuai dengan prinsip seorang backpacker, tentunya Anda harus mencari sesuatu yang ramah di kantong, begitu juga dengan transportasi Anda. Setelah menentukan perjalanan, ada baiknya Anda mencari tiket jauh-jauh hari. Sebagai seorang backpacker, Anda akan dimudahkan dengan adanya maskapai penerbangan yang menawarkan harga tiket murah, seperti promo atau diskon.

Mengurus Dokumen yang Dibutuhkan
Ketika Anda memutuskan untuk pergi ke luar negeri, tentu saja Anda harus mempunyai passport. Passport akan menjadi identitas Anda saat sedang berada di negara lain. Bagi Anda yang baru pertama kali ke luar negeri dan hendak membuat passport, Anda dapat mengunjungi kantor imigrasi di kota Anda. Anda juga bisa mengunjungi www.imigrasi.go.id untuk informasi lebih lanjut tentang persyaratan apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan passport.

Selain mengurus passport, Anda juga membutuhkan visa. Visa adalah semacam izin ketika Anda melakukan perjalanan atau kunjungan ke negara tersebut. Ada baiknya apabila Anda mengurus visa sekitar 2-3 bulan sebelum hari keberangkatan. Saat ini sudah banyak negara-negara yang dapat dikunjungi oleh orang Indonesia tanpa menggunakan visa.

Mencari Informasi tentang Penginapan, Makanan, Transportasi, dan Tempat Wisata
Biasanya seorang backpacker adalah tipe yang suka menjelajah daripada menghabiskan waktu di penginapan. Untuk itu, pilihlah penginapan dengan harga per malamnya lebih murah atau memilih hostel, yang biasanya pada satu ruangan kamar dapat diisi oleh beberapa orang. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan bepergian pada saat low season, sehingga terkadang ada beberapa hotel yang memberi harga lebih murah daripada saat peak season.

Saat ini jaman sudah sangat berkembang, untuk informasi tentang makanan dan tempat wisata, Anda bukan hanya dapat mencarinya di buku panduan yang dijual di toko buku saja, tetapi juga bisa mencari di berbagai situs internet. Akan tetapi, tentunya harus tetap dapat memilah informasi yang Anda dapat. Ketahuilah tempat-tempat yang akan Anda kunjungi dengan baik.

Membuat Rencana Perjalanan dan Daftar Barang Bawaan
Setelah mendapatkan berbagai informasi, susun rencana perjalanan Anda. Berapa waktu yang Anda butuhkan untuk menjelajahi negara tersebut, harus berkunjung kemana saja, bagaimana transportasi dari satu tempat ke tempat lain. Oleh karena ini perjalanan Anda sendiri, rencana perjalanan ini tentu sifatnya tidak mengikat. Anda hanya merencanakan agar di negara tersebut Anda tidak kebingungan dan setidaknya mempunyai arah tujuan. Apabila nantinya tidak sesuai dengan yang direncanakan, tidak usah khawatir, yang penting Anda menikmati perjalanan Anda.

Berpedoman pada prinsip backpacker, untuk barang bawaan sebaiknya bawalah barang sesuai dengan yang dibutuhkan saja. Pastikan jumlah pakaian yang dibawa, jangan terlalu banyak. Barang elektronik yang sekiranya tidak diperlukan tidak usah dibawa seperti laptop. Anda bisa membawa kamera dan juga tas berukuran kecil yang dapat menyimpan dokumen Anda. Berhati-hatilah dengan bawaan Anda selama bepergian di negara yang belum pernah Anda kunjungi. Untuk itu sebisa mungkin juga jangan membawa uang terlalu banyak.

Sudah siap untuk menjelajah negara yang Anda impikan? Tidak usah ragu dan coba rasakan sensasinya menjadi seorang backpacker!

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.