5 Desain Grafis yang Bisa Dibuat di Canva untuk Pendidikan

0
124

Belajar desain grafis adalah tantangan tersendiri. Mulai dari siswa, mereka harus bisa mencerna dengan baik penjelasan dari guru tentang berbagai dasar dan teknis pengerjaan.

Tak hanya murid, guru juga mesti paham betul akan prinsip dan cakupan ilmu desain grafis. Saat kedua pihak dapat saling berkesinambungan, maka ilmu tersebut akan sampai dengan baik.

Guna mendukung proses belajar secara mumpuni, media pembelajaran Canva untuk Pendidikan bisa jadi pilihan tepat. Program ini gratis untuk guru dan kalangan murid sekolah!

Versi Canva yang satu ini, dilengkapi deretan fitur menarik serta mudah dari segi akses. Peserta didik bisa mencoba berbagai macam jenis desain grafis untuk keperluan sehari-hari.

Sesuai penjelasan sebelumnya, proses pendaftaran Canva untuk Pendidikan tak dipungut biaya sepeser pun. Fitur lainnya seperti folder penyimpanan hingga Google Classroom, turut tersedia.

Hal-hal di atas, sangat penting untuk dipenuhi agar siswa terfasilitasi dalam belajar. Apalagi saat ini, banyak jenis desain grafis yang bisa dieksplor. Apa saja kira-kira, desain grafis yang bisa peserta didik buat? Ini dia!

5 Desain Grafis yang Bisa Dibuat di Canva

1. Poster Pendidikan

Sumber : Canva

Poster pendidikan biasanya berisi tentang edukasi dan penyuluhan masyarakat perihal ajakan positif terhadap sesuatu. Membuat poster, bisa jadi cara awal siswa memahami desain grafis.

Pembuatan poster pendidikan bisa dimulai dengan memikirkan tema besar, elemen desain seperti template, bentuk, hingga warna. Lengkapi dengan font yang tepat agar hasilnya memuaskan. Biasanya, poster pendidikan mencakup kutipan inspirasional dan pesan mendalam akan suatu hal. Lengkapi dengan detail sumber, foto, hingga elemen lainnya yang sesuai dengan tema.

2. Lembar Presentasi

sumber : Canva

Biasanya, kalangan pendidik seperti guru dan dosen akan menghadirkan lembar presentasi untuk mereka jelaskan di kelas. Selain itu, murid-murid juga dituntut hal serupa lewat kerja kelompok.

Kemampuan presentasi dibutuhkan dalam setiap mata pelajaran. Bahkan sampai dewasa, kita dituntut untuk menjelaskan sesuatu saat di kantor lewat pemaparan yang didukung aspek visual. Mengingat banyaknya template yang tersedia dalam pustaka, Canva untuk Pendidikan bisa jadi opsi tepat untuk memaksimalkan kebutuhan presentasi sehari-hari. Coba dari sekarang!

3. Infografis

Sumber : Canva

Saat pelajaran biologi, biasanya kita disuguhkan gambar anatomi organ tubuh dengan penjelasan fungsi masing-masing. Ditambah data-data pendukung, ia lantas menyerupai sebuah infografik.

Tak hanya proses kegiatan belajar mengajar, infografik dapat dilihat dalam sebuah berita. Guna menjabarkan fakta, dibuat rangkaian suguhan fakta lapangan berupa data, baik angka atau trivia. Seluruh jenis infografik, mulai dari bagan hingga garis waktu, dapat dibuat dengan Canva untuk menyajikan informasi dengan jelas. Tambahkan pula warna-warna yang menarik dipandang supaya mudah diingat.

4. Logo

Sumber : Canva

Logo adalah citra penting dalam sebuah merek dagang, komersial, dan lain-lain. Edukasi dalam membuat desain logo, sejatinya dapat dimulai bahkan pada tingkat sekolah dasar.

Sebagai contoh, seorang siswa dapat membuat logo baik untuk tugas kelompok, hingga keperluan lain seperti kebutuhan kelas hingga regu pramuka. Sama seperti jenis desain grafis lainnya, logo penting untuk kebutuhan sehari-hari. Buat sederhana namun punya keunikan dan cerita dibalik logo tersebut.

5. Kartu Nama

Sumber : Canva

Kartu nama kini bisa tampil lebih ceria dan warna-warni lewat platform desain yang tepat. Buat segala kalangan usia, kartu nama amat diperlukan sebagai cerminan identitas diri.

Bubuhi informasi singkat, padat, dan jelas terkait data diri. Tak lupa, berikan bentuk dan elemen menarik di dalamnya agar membawa kesegaran bagi siapapun yang melihat.

Itulah tadi jenis-jenis desain grafis yang bisa dibuat lewat Canva untuk Pendidikan. Masih banyak lagi model yang dapat dieksplor, sehingga pastikan untuk terus belajar sampai lancar. Selamat mencoba!

loading...