Beda Galvalum, Galvanis, dan Zicalum

0
185

Ada Sahabat Pagi pernah mendengar apa itu baja ringan? Bagaimana dengan Galvalum, Galvanis atau Zicalum? Pasti pernah mendengarnya ya. Kemudian mana yang bagus untuk bangunan rumah?

Sebenarnya baja ringan adalah nama umum yang digunakan untuk berbagai produk pabrikan yang memproduksi kerangka atap rumah dan bangunan. Namun, di pasaran nama baja ringan sendiri memiliki merek dagang seperti galvalum, galvanis, atau zicalum.

Apakah ada perbedaan dari galvalum, galvanis, atau zicalum ini? Tentu ada. Perbedaannya terletak pada lapisan yang digunakan untuk menutup seluruh permukaan baja ringan tersebut. Hal ini karena baja merupakan jenis logam yang sangat mudah berkarat jika terkena udara. Oleh karena itu, memerlukan logam lain sebagai pelapis anti karat. Logam yang biasanya digunakan untuk melapisi adalah aluminium dan zinc. Kombinasi kedua logam pelapis ini membuat baja ringan menjadi kuat dan lebih tahan karat.

Baca Juga : 5 Desain Kanopi ini Bisa Jadi Pilihan

Selain itu, ketiga merek baja ringan tersebut dibedakan berdasarkan kandungan lapisannnya. Untuk galvalum, terdiri dari 55% aluminium, 43% zinc, dan 1,5% silicon. Untuk galvanis, terdiri dari 98% zinc dan 2% aluminium. Sedangkan zicalum merupakan sebutan merk dagang untuk galvalum yang diproduksi oleh Bluescope Steel Ltd.

Akan tetapi secara keseluruhan, kekuatan baja ringan tidak selalu dari merk dagangnya. Bisa jadi ada beberapa indikator lain yang harus Anda perhatikan seperti ukuran dan ketebalan baja ringan itu sendiri. Jadi tebal tipis baja ringanĀ  juga memengaruhi kekuatan bangunan Anda. Butuh info baja ringan? Pilih Kencana Indonesia saja.

loading...