Berkebun dan Mengusir Nyamuk: Siapa Takut?

0
194

Berkebun menjadi kegiatan yang digilai banyak orang untuk menghilangkan stres saat berada di rumah. Tinggalkan konsep “berkebun harus di lahan luas”. Masyarakat yang kian canggih nyatanya bisa menumbuhkan tanaman mereka bahkan di lahan kecil sekalipun. Selain menghilangkan stress, berkebun juga mampu membakar kalori seperti halnya olahraga. Dari sekian banyak tanaman yang bisa dijadikan pilihan, ternyata ada loh tanaman yang difungsikan khusus untuk mengusir serangan nyamuk nakal. Kok bisa? Memang benar jika ada beberapa jenis tumbuhan yang mampu mengeluarkan bau khas yang sangat manjur untuk membantu mengusir nyamuk secara natural. Daripada menggunakan pengusir nyamuk kimiawi, akan lebih baik untuk mencoba untuk menanam beberapa tanaman berikut di area rumah kita. Penasaran? Mari kita ulas bersama-sama!

Kemangi

Sangat familiar, berbau khas, dan hampir selalu hadir dalam lalapan adalah gambaran pas untuk kemangi. Bau kemangi yang khas dan tajam ternyata tidak disukai oleh nyamuk. Cenderung suka matahari, tanaman kemangi akan pas untuk ditanam di halaman rumah yang langsung terkena paparan sinar matahari.

Lavender

Bukan tanpa alasan jika lotion anti nyamuk menggunakan lavender sebagai salah satu komposisi pembuatannya. Bau lavender yang disukai manusia, justru dibenci oleh nyamuk. Bahkan dikatakan mampu menghalangi daya penciuman nyamuk untuk membau. Seperti halnya kemangi, lavender juga suka sinar matahari dan membutuhkan pengairan yang baik dan teratur.

Rosemari

Fresh rosemary isolated on white background

Selain digunakan untuk bumbu masakan, siapa sangka bahwa rosemari juga ampuh untuk mengusir nyamuk? Bau khas rosemary yang memang dicari untuk menambah cita rasa masakan membuat nyamuk pergi dengan senang hati. Rosemary cocok ditanam saat musim matahari terik karena menyukai area kering dan panas.

Baca Juga: Menyenangkan, Ini 5 Tips Berkebun bagi Pemula

Bawang putih

Hampir selalu digunakan untuk dasar sebuah masakan, menumbuhkan bawang putih adalah pilihan bijak. Apalagi ditambah bonus akan kemampuannya yang mampu mengusir nyamuk dan hama tanaman. Budidaya bawang putih yang tidak rumit tentu saja bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan Sahabat Pagi yang masih pemula sekalipun.

Daun Mint

Tidak hanya mengusir, tanaman mint juga mampu membunuh jentik-jentik nyamuk loh. Semakin kuat bau yang menguar dari tanaman ini, maka akan semakin besar kemungkinan nyamuk untuk pergi. Daun mint yang dikeringkan juga bisa digunakan sebagai penangkal nyamuk non kimiawi yang bisa dipakai di dalam rumah.

Siap berkebun, Sahabat Pagi?     

loading...