Dusun Kakao Banyuwangi : Pas buat para Traveller Pecinta Cokelat!

0
127

Kalau Sahabat Pagi pergi ke Banyuwangi, pasti tak lupa mengunjungi toko oleh-oleh Batik, pantai G-Land, Gunung Ijen, serta Pantai Pulau Merah. Memang sih, tempat-tempat tersebut harus Sahabat Pagi kunjungi. Nah, selain tempat-tempat tersebut, ada satu tempat yang nggak bisa Sahabat Pagi lewatkan – apalagi kalau Sahabat suka cokelat. Ini nih, dusun kakao Banyuwangi : pas buat para traveller pecinta cokelat! Ini pas banget buat kamu!

 

dusun kakao banyuwangi
Joseph Pradipta/kumparan

 

Baca juga : Mengenal tradisi Seblang : Tari Ritual asal Banyuwangi yang berumur Ratusan Tahun

 

Dusun Kakao terletak di Perkebunan Kendenglembu, Kecamatan Glenmore. Seperti namanya, dusun ini terletak di area perkebunan kakao seluas 1500 hektar. Kakao-kakao yang berasal dari sini dipasarkan ke berbagai daerah di Indonesia sampai luar negeri, loh!

dusun kakao banyuwangi
Joseph Pradipta/kumparan

Wisata Dusun Kakao ini luasnya hingga empat hektar. Sahabat Pagi bisa melihat luasnya perkebunan kakao, juga meihat langsung proses pembuatan cokelat dari buah kakao. Asyik, kan? Selain berlibur, Sahabat Pagi juga bisa belajar tentang komoditas cokelat!

 

Baca juga : Inilah Kuliner Khas Banyuwangi yang Harus Kamu Coba!

 

Yang mengesankan dari Dusun Kakao ini adalah dusun kakao ini memiliki kakao terbaik di dunia, yakni kakao jenis edel. Biji kakao ini bewarna putih, sangat berbeda dengan kakao pada umumnya, yakni bewarna keunguan. Tak hanya itu, perawatan kakao edel juga sangatlah berbeda daripada kakao-kakao lainnya. Kakao edel ini tak hanya bisa dimakan, tapi juga bisa dijadikan kosmetik, loh!

 

Baca juga : Ragam Kebaya di Indonesia

 

Kalau Sahabat Pagi ingin berkunjung kesini dan sudah membuat rencana untuk makan siang, batalkan saja. Sahabat Pagi bisa bersantai dan nyemil kafenya. Tentu saja, kafe ini sangat bertemakan cokelat. Kafe ini menyajikan beragam menu olahan cokelat seperti cokelat panas, pisang crispy dengan topping cokelat, permen cokelat, dan lainnya. Hmm, sounds delicious, isn’t it?

 

Penasaran gimana Dusun Kakao? Buat traveller yang suka cokelat ataupun para penggemar cokelat – this is your heaven on earth! Kemasi barangmu, pesan tiket akomodasi, yuk, pergi ke Dusun Kakao!

loading...