Industri olahraga merupakan salah satu industri terbesar di dunia. Salah satu faktor atau unsur penting pendukung yang membantu perkembangannya ialah event. Adanya event olahraga memicu dua hal penting yaitu membangun olahraga itu sendiri, dan menjual olahraga. Semakin maraknya event-event olahraga tentunya melibatkan publik, media, serta pelaku bisnis. Semakin baik kualitas event olahraga yang diselenggarakan maka semakin besar olahraga tersebut akan berkembang baik di industri olahraga itu sendiri maupun di industri bisnis.
Kaitan olahraga dengan sistem ekonomi
Olahraga bukan hanya sekedar ajang untuk mempertontonkan bakat-bakat para atlet saja. Olahraga kini memiliki keterkaitan dengan berbagai industri lain termasuk industri hiburan dan bisnis. Event-event olahraga yang populer dan menarik juga menghasilkan banyak pundi-pundi yang nantinya bisa dirasakan semua yang terlibat. Olahraga dijadikan sebagai komoditas sekaligus media pemasaran. Olahraga kini diperjualbelikan sebagaimana komoditas lain baik itu untuk tujuan rekreasi, prestasi, terapi, maupun sekedar menjaga kebugaran.
Olahraga populer
Untuk olahraga terpopuler di dunia saat ini ialah sepak bola yang memiliki nilai tinggi baik di industri olahraga, hiburan, dan bisnis. Anda pasti sudah sangat sering menemukan para penggemar sepak bola dari berbagai usia dan kalangan. Pertandingan sepak bola sendiri sudah menjadi komoditas hiburan dengan daya tarik yang luar biasa. Antusiasme masyarakat dunia terhadap sepak bola sudah tidak diragukan lagi. Berbagai media masa saling memperebutkan untuk mendapat slot penayangan pertandingan bola. Contoh lain pemanfaatan olahraga sebagai komoditas ialah dalam bentuk jasa penjualan kegiatan serta fasilitas olahraga yang dioperasikan sebagai peluang bisnis misalnya body building centre, sekolah sepak bola, fitness centre, dan lain sebagainya.
Olahraga sebagai media pemasaran produk
Anda juga pasti sudah tidak asing lagi melihat berbagai merek ternama menjadi sponsor event-event olahraga besar dunia. Ini karena industri bisnis mengetahui bahwa event olahraga memiliki magnet yang kuat dalam menarik calon konsumen. Merek-merek tersebut memang harus menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk menyelenggarakan event olahraga terutama jika dalam skala besar. Namun keuntungan yang diperoleh bisa berkali-kali lipat.
Olahraga sebagai pasar
Disebutkan sebelumnya bahwa olahraga memiliki peran sebagai pasar itu sendiri. Untuk gambaran mudahnya, dengan adanya olahraga tertentu maka akan menimbulkan keterkaitan dengan industri lain. Misalnya, cabang olahraga atletik merupakan pasar utama dari brand-brand sepatu olahraga seperti Nike, Adidas, dan lainnya. Maka, olahraga bisa menjadi alat untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek yang efektif.
Baca Juga: Olahraga Roundnet Yang Fun
Bagaimana dengan olahraga yang tidak begitu populer?
Di Indonesia sendiri, masih banyak olahraga dunia yang belum begitu populer. Salah satunya ialah olahraga Roundnet. Cabang olahraga ini masuk ke Indonesia sekitar 3 tahun lalu dan kini memiliki komunitas resmi bernama Roundnet Indonesia atau Ronin. Olahraga ini memang tidak sepopuler sepak bola, voli, maupun bulu tangkis. Namun pertumbuhannya bisa dibilang cepat. Kini telah tersebar komunitas Ronin di berbagai kota di seluruh Indonesia. Ini membuktikan bahwa cabang Roundnet bisa berkembang dengan lebih pesat lagi kedepannya.
Roundnet dan peluang bisnis
Seiring dengan berkembangnya popularitas Roundnet di Indonesia maka sudah bisa diprediksi bahwa olahraga ini juga akan menjadi magnet bagi industri hiburan dan bisnis. Terbukti dengan banyaknya publik figur yang juga menyukai olahraga ini dan bergabung dengan komunitas. Berbagai turnamen Roundnet juga kini mulai banyak diselenggarakan dan semakin banyak yang tertarik untuk ikut bermain.