Generasi Alfa, Siapa Mereka?

0
61
generasi alfa

Generasi  Alfa mulai menjajaki bumi, mereka dilahirkan dari generasi milenial yang saat ini sedang dalam masa produktifnya. Faktanya, setiap minggu ada 2,5 juta anak generasi alfa lahir ke dunia,lho. Dan, diperkirakan bahwa pada tahun 2025, bumi akan dipenuhi oleh generasi ini sebanyak kurang lebih 2 miliar jiwa! Sebagai kaum milenial yang akan menjadi saksi perkembangan generasi ini, yuk simak fakta anak-anak yang terlahir sebagai generasi alfa!

Siapa yang tergolong dalam generasi ini?

Generasi Alfa menjadi generasi lanjutan dari generasi Z yang beranggotakan kalian yang lahir pada tahun 1995-2010. Jadi, generasi ini akan diisi oleh anak-anak yang lahir mulai tahun 2011. Di tahun tersebut teknologi sudah cukup berkembang pesat, maka tak heran jika mereka sudah lihai bermain gadget sejak dini. Alhasil, kecerdasan mereka tak diragukan lagi, namun orang tua harus tetap mengawasi penggunaan gadget mereka ya!

Breaking the rules is okay!

Jika generasi milenial sering dicap sebagai generasi yang bebas melakukan segala hal sesuai keinginan mereka, maka generasi alfa lebih limitless lagi, nih! Mereka tidak senang bila harus terikat dengan peraturan, mereka lebih senang membuat sistem sendiri berdasarkan pengamatan dan informasi yang didapat dari internet.

Generasi Alfa mudah beradaptasi

Alpha-ers sangat mudah dan cepat beradaptasi, hal ini sudah mereka pelajari dari kecil. Mereka memiliki kelihaian dalam mengamati suatu kondisi, sehingga kemampuan adaptasi mereka sangat baik. Namun, pada kenyataannya kepandaian ini tak hanya berdampak positif. Karena kecenderungan mereka untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang cepat, generasi ini condong tidak memiliki pendirian yang kuat dan labil. Oleh karena itu, hal ini dapat dicegah oleh orang tua sejak dini, melalui pendidikan karakter.

Generasi alfa merupakan generasi yang cerdas dan peka terhadap teknologi. Namun, dibalik kecerdasan mereka terhadap hal tersebut, sebagai orang tua, harus tetap memperhatikan perkembangan karakter generasi ini. Memberikan pengajaran mengenai nilai-nilai moral dan budaya tetap penting, agar perkembangan psikis mereka tetap seimbang.

Coba alihkan perhatian mereka dari gadget dengan memberikan buku-buku yang menarik yang bisa kamu dapatkan di BBW 2018!

loading...