Habibie Inspirasi Bagi Bangsa

Putra terbaik Indonesia dengan sejumlah prestasi dan penghargaan

0
292
Source: Google

Presiden Republik Indonesia ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie dapat menjadi inspirasi bagi bangsa ini. Sejumlah prestasi dan penghargaan telah beliau berikan untuk mengharumkan nama bangsa. Sejak kecil Habibie menyukai pesawat terbang, oleh karena itu beliau menempuh perkuliahan jurusan teknik mesin di Institut Teknologi Bandung. Lalu beliau mendapatkan beasiswa, di Rhenish Westfalische Technische Hochschule, Jerman, dengan jurusan Teknik Penerbangan spesialisasi kontruksi pesawat terbang dan berhasil menyelesaikannya pada tahun 1960. Selang lima tahun Habibie mendapatkan gelar doktor dengan predikat summa cumlaude berkat nilai yang sempurna. Hal tersebut membuat beliau mendapatkan posisi wakil presiden di sebuah perusahaan penerbangan Messerschmitt Bolkow Blohm (MBB).

Baca Juga: Jerome Polin, Inspirasi Anak Muda

Kecintaannya terhadap Indonesia membuat beliau kembali ke negara dan menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi mulai tahun 1978 hingga Maret 1998. Turunnya Soeharto sebagai Presiden membuat Habibie menggantikannya yang pada saat itu baru saja menjabat sebagai Wakil Presiden. Penghargaan yang beliau dapatkan dalam dunia dirgantara salah satunya menerima Award von Karman pada tahun 1992. Selain itu penghargaan tertinggi diberikan oleh ITB dan pemerintah Jerman memberikan dua penghargaan, yakni Das Grosse Verdientkreuz dan Das Grosse Verdenstkreuz Mit Stern und Schulterband.

Tokoh inspirasi bagi bangsa ini juga telah menyelamatkan jutaan manusia hingga sekarang melalui penemuannya. Habibie menggali fenomena keretakan pada konstruksi pesawat saat menjadi engineer di Jerman. Habibie mempelajari hal tersebut dan akhirnya mencetuskan teori untuk menghitung keretakan hingga pada tingkatan atom material konstruksi pesawat. Rumus yang dinamai Faktor Habibie ini pun diakui oleh dunia penerbangan dan dipakai oleh berbagai perusahaan maskapai di dunia. Oleh karena penemuan itu, Habibie dijuluki Mr. Crack.

B.J. Habibie memang telah banyak berkontribusi bagi negara dan dirgantara, namun sosok beliau sebagai seorang suami juga dapat menjadi inspirasi bagi bangsa ini. Kisah percintaannya dengan Ainun juga telah menarik perhatian masyarakat. Melalui film yang bercerita mengenai beliau dan istrinya mengajari makna sesungguhnya cinta sejati.  Banyak pembelajaran yang di dapatkan melalui sosok Bapak Teknologi Indonesia ini.

loading...