Hal yang Perlu Ada di CV : Trik Agar CV Menarik Perhatian HRD

0
48
hal yang harus ada di cv

Sedang mencari pekerjaan? Sudah sering mengirimkan lamaran namum belum ada panggilan? Memang persaingan dalam mencari pekerjaan pada jaman sekarang semakin ketat. Namun, akan selalu ada cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peluang dalam mendapatkan pekerjaan. Apabila selama ini kita merasa bahwa kita sudah melamar sesuai dengan kompetensi kita namun belum juga lolos, mungkin kita harus mengecek kembali hal yang paling dasar dalam melamar pekerjaan, yaitu Curriculum Vitae (CV) kita. Lalu, CV yang bagus itu seperti apa? Berikut ada 5 hal yang harus ada di CV nih, Sahabat Pagi!

Hal yang harus ada di CV : Informasi Kontak Kita

Bagaimana perusahaan dapat menghunungi kita apabila kita sendiri susah untuk dihubungi. Sebaiknya, cantumkan nomor telepon yang sering kita gunakan. Akan lebih baik jika kita cantumkan pula alamat email, alamat rumah, ataupun link akun media sosial kita.

Hal yang harus ada di CV : Narasi Mengenai Profil Diri

Buatlah satu paragraph yang menggambarkan profil diri kita yang sekiranya pas dan sesuai dengan yang dicari oleh perusahaan. Tuliskan mulai dari nama, lulusan apa, pengalaman sebelumnya, sisi positif diri kita, dan lain sebagainya.

Hal yang harus ada di CV : Kata Kunci Posisi Yang Dilamar

Dalam membuat CV jangan sampai kita hanya copy paste dari CV yang lain. Coba cantumkan kata kunci yang berhubungan dengan posisi yang di lamar. Baik pula jika kita jelaskan semangat dan ambisi untuk mendapatkan posisi pekerjaan tersebut.

Hal yang harus ada di CV : Prestasi dan Pencapaian

Sebenarnya, tidak semua prestasi yang kita miliki harus dicantumkan di CV kita. Canrumkan saja yang memang ada hubungannya dengan posisi yang kita lamar. Dengan begini, calon pewawancara akan lebih mudah menyeleksi dan meloloskan ke tahap berikutnya.

Hal yang harus ada di CV : Pengalaman Non-Akademik

Punya pengalaman berorganisasi? Pernah mengikuti seminar atau training yang masih berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dilamar? Perlu juga hal-hal tersebut dicantumkan agar dapat membuat kita lebih menonjol dibandingkan kandidat yang lain.

Bagaimana? Sudah siap untuk melamar pekerjaan lagi? Semoga dengan tips diatas kita bisa segera mendapatkan pekerjaan terbaik, ya. Semangat!

Artikel Inspiratif Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here