Hari Peduli Sampah Nasional 2019 : Kabar Baik Atau Buruk?

0
110
sampah botol plastik

Hari Peduli Sampah Nasional diperingati setiap tanggal 21 Februari. KNLH mencanangkan 21 Febuari 2005 sebagai Hari Peduli Sampah untuk pertama kalinya. Setelah tragedi longsornya sampah di TPU Leuwigajah pada tanggal 21 Februari 2005 yang membuat banyak korban jiwa.

Dalam sebuah laporan penelitian yang diterbitkan di Sciencemag pada Februari 2015 menyebutkan bahwa Indonesia berada di peringkat kedua di dunia penyumbang sampah plastik ke laut setelah Tiongkok, disusul Filipina, Vietnam, dan Sri Lanka. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa fakta tentang sampah nasional pun sudah cukup meresahkan.

Baca Juga : Pasar Tetangga! Dekatkan Ikatan Yang Renggang!

Sejarah Hari Sampah Nasional

Peringatan ini muncul atas ide dan desakan dari sejumlah pihak untuk mengenang peristiwa di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005 di mana sampah dapat menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari 100 jiwa.

Pada peristiwa naas tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah. Akibatnya 157 jiwa melayang dan dua kampung (Cilimus dan pojok) hilang dari peta karena tergulung longsoran sampah yang berasal dari Tempat Pembuangan Akhir Leuwigajah.
Tragedi ini memicu dicanangkannya Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati tepat di tanggal insiden itu terjadi.

Baca Juga : GPN : Strategi Penguatan Ekonomi Nasional

Aksi Masyarakat untuk Mengurangi Populasi Sampah pada Hari Peduli Sampah

Beberapa bulan ini Indonesia sedang ramai dengan kampanye dan aksi #Beliyangbaik #Beliyangbutuh #Beliyangekolabel dan sejenisnya yang di suarakan pertama kali oleh WWF untuk meminimalisir populasi sampah yang terus berkembang. Dari kampanye itu sejumlah masyrakat, influencer dan selebritis pun memberikan aksinya.

Stainless Straw

Mereka mengganti kebiasaan membawa tas belanja plastik dengan totebag, selalu membawa botol minum kemanapun, dan aksi yang sangat viral beberapa bulan kemarin adalah kampanye #StopSedotanPlastik dan menggantinya dengan sedotan stainless yang bisa digunakan berkali kali.

Baca Juga : Transisi Cita Cita Dan Softskill Itu Penting!

Aksi sederhana diatas akan sangat terasa berarti jika kita semua juga turut melakukanya, bukankah suatu hal yang baik dan berarti berawal dari langkah – langkah kecil? Semoga target pemerintah Indonesia pada tahun 2020 bebas sampah nanti akan nyata dengan aksi kita yang dimulai dari saat ini.

Selamat Hari Sampah Nasional 2019

loading...