Jalur Pendakian Aik Berik, Jalur Baru Pendakian Gunung Rinjani

0
398
Jalur Pendakian Aik Berik

Jalur Pendakian Aik Berik, Jalur Baru Pendakian Gunung Rinjani – Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani sempat lumpuh akibat gempa bumi Juli – Agustus 2018 silam. Namun, kini pemerintah setempat telah meresmikan jalur baru pendakian Gunung Rinjani yakni jalur Aik Berik di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Dengan pembukaan jalur pendakian baru tersebut pemerintah berharap dapat membangkitkan perekonomian masyarakat setempat setelah sempat lumpuh akibat bencana gempa bumi. Pembukaan jalur pendakian tersebut dilakukan oleh Bupati Lombok Tengah H. Suhaili FT, bersama dengan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Sudiyono, di Aik Berik, Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah, pada 19 November 2018.

Jalur Pendakian Aik Berik

“Jalur pendakian di Aik Berik dibuka resmi hari ini dalam rangka menghilangkan dahaga pendaki pecinta Rinjani,” kata Kepala BTNGR Sudiyono dikutip dari Republika.

Jalur pendakian Aik Berik merupakan salah satu jalur resmi dari empat jalur pendakian gunung Rinjani. Tiga lainnya yakni jalur pendakian Timbanuh, dan Sembalun di Kabupaten Lombok Timur, serta jalur pendakian di Senaru, Kabupaten Lombok Utara. Jalur pendakian di Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Utara, masih ditutup karena kondisinya yang rusak berat dan dapat membahayakan keselamatan.

Jalur pendakian Aik Berik sendiri memiliki beberapa keunikan, diantaranya lokasi yang berada dekat dengan Bandara Internasional Lombok serta keanekaragaman flora dan fauna. Tercatat ada 45 jenis Anggrek, beberapa jenis burung yang diantaranya merupakan burung endemik dan satwa prioritas nasional serta musang Rinjani dan rusa.

Bahkan di setiap pos peristirahatan terdapat sumber mata air yang dapat diambil oleh pendaki dan terdapat beberapa situs geologi serta tiga destinasi pemandangan (Pelawangan Aik Berik, Pelawangan Batu Belah dan Puncak Gunung Kondo). Namun, jumlah kuota pendaki dibatasi hanya 150 orang perhari demi menjaga kelestarian lingkungan dan pengelolaan sampah di sepanjang jalur pendakian.

Berminat untuk mencoba jalur baru pendakian gunung Rinjani ini?

Baca Juga Artikel Inspiratif Lainnya :

loading...