Obesitas, Masalah Utama dalam Kesehatan

0
347
obesitas

Obesitas atau yang sering disebut kegemukan adalah sebuah kondisi dimana tubuh anda memiliki penumpukan lemak berlebih. Alhasil, berat badan yang melampaui batas ideal menjadi penghambat dalam aktivitas anda. Jika dibiarkan begitu saja, masalah kesehatan lainnya seperti penyakit jantung koroner, darah tinggi, dan diabetes akan lebih mudah muncul. Lalu bagaimana mengetahui status tubuh anda?

Hitung BMI (Body Mass Index)

BMI merupakan sebuah standar pengukuran berat badan ideal yang sangat disarankan oleh WHO. Massa tubuh dan tinggi badan menjadi acuan penting dalam penghitungan ini. Anda bisa mengecek kondisi badan anda disini. Dengan begitu, anda bisa mengkontrol perubahan tubuh dan mengatur gaya hidup lebih baik lagi.  Selain mengacu pada BMI, konsultasi pada ahli gizi juga sangat disarankan apabila sudah tergolong dalam obesitas.

Penyebab Obesitas

Faktor risiko penyebab kelebihan berat badan cukup bervariasi. Salah satu yang berperan penting adalah genetik. Namun, genetik juga dipengaruhi oleh pola makan tiap individu. Mengkonsumsi junk food secara terus menerus merupakan pemicu obesitas yang cukup besar. Junk food memang terasa lezat, namun ternyata nutrisi yang terkandung di dalamnya termasuk minim, lho. Lebih baik batasi konsumsi makanan cepat saji yang rendah nutrisi seperti itu.

Rehabilitatif

Persada Hospital bisa menjadi salah satu rujukan dalam konsultasi gizi. Memiliki layanan konsultasi gizi yang bisa dilakukan di rumah pasien dengan ahli gizi yang sudah kompeten, menjadi salah satu keunggulan. Pelayanan konsultasi seputar gizi dan pola konsumsi makanan yang tepat dan sehat sesuai dengan kebutuhan pasien yang dilakukan oleh Ahli Gizi yang kompeten. Pengolahan makanan unit gizi diolah oleh chef yang berpengalaman. Persada hospital merupakan satu-satunya RS di Malang yang menggunakan Chef bertaraf Internasional untuk pengolahan makanannya. Sebagai penunjang proses pengolahan makanan yang dilakukan, unit gizi dilengkapi dengan alat-alat pengolahan yang canggih dan lengkap.

Obesitas dapat dicegah melalui pola hidup yang baik. Menjaga berat badan di titik ideal juga berperan penting dalam pencegahan pemicu penyakit degenerative lainnya. Melakukan konsultasi lebih lanjut pada ahli gizi sangat disarankan, terlebih bila sudah termasuk dalam kategori obesitas.

Baca juga

NCD, Apa Itu?

Kabar Terkini Diabetes Mellitus

Fakta Penyakit Batu Ginjal

 

loading...