Manfaatkan Virtual Safety Car, Vettel Kunci Kemenangan di Australia

0
157

Sebastian Vettel memulai Formula 1 musim 2018 dengan hasil baik. Hal tersebut seiring dengan  keberhasilan menyabet kemenangan di Melbourne Grand Prix Circuit, Australia pada Minggu (25/3). Penerapan strategi pit-stop yang diiringi dengan berlakunya Virtual Safety Car (VSC) ditengah lomba membuat pebalap asal Jerman itu kembali mengulang kisah sukses di Australia. Pada musim lalu, Vettel berhasil menjadi yang pertama pada seri pembuka di negeri Kanguru tersebut.

Di awal lomba, Vettel berada pada posisi ketiga di belakang Hamilton serta Raikkonen yang masing – masing berada pada posisi pertama dan kedua. Hamilton sempat unggul tiga detik di depan Raikkonen di awal lomba yang membuat juara bertahan musim lalu tersebut nyaman memimpin lomba. Keunggulan Hamilton tetap terjaga meski dirinya baru memasuki pit-stop pada lap ke-19. Padahal, Raikkonen terlebih dahulu melakukan hal serupa satu putaran sebelumnya.

https://d2d0b2rxqzh1q5.cloudfront.net/sv/1.67/dir/ca0/image/ca07fe201ed1ae6db564be74e2db736c.jpg

Sebastian Vettel saat memimpin jalannya balapan GP Australia
Sumber : Autosport.com

Namun, keunggulan Hamilton terhenti pada pertengahan lomba. Vettel berhasil melakukan pergantian ban di saat VSC diberlakukan menyusul insiden yang dialami oleh Kevin Magnussen pada lap 24. Dikutip dari Motorsport.com, pebalap Haas F1 Team itu harus mengakhiri lomba lebih cepat lantaran ban kiri-belakang mobilnya tidak terpasang dengan baik. Padahal, pebalap asal Denmark itu mampu merangsek di posisi keempat di awal lomba. Dengan adanya VSC, Hamilton tidak dapat memacu mobilnya dengan cepat dan membuat Vettel keluar dari pit-stop tepat di depannya.

Safety car baru benar – benar keluar pada lap 26 saat rekan setim Magnussen, Romain Grosjean, tersingkir akibat kesalahan tim mekanik yang tidak memasang ban kiri-depan dengan benar, seperti dilansir Autosport.com. Saat safety car kembali ke pit-stop pada lap 31, Hamilton berupaya memangkas jarak dengan Vettel. Namun, sampai bendera finisi dikibarkan Hamilton harus puas berada di posisi runner-up dengan jarak 5,036 detik dari Vettel. Sementara itu, Raikkonen berhasil menjaga posisi ketiga dari Ricciardo yang menempati urutan keempat disusul Fernando Alonso di posisi kelima.

 

Dengan hasil tersebut, Vettel sementara berada di posisi pertama klasemen pebalap dengan mengemas 25 poin. Keberhasilan Vettel dan Raikkonen naik podium juga membawa Ferrari memimpin klasemen tim dengan 40 poin. Berikut adalah hasil lengkap balapan Formula 1 2018 pada seri pembuka di Melbourne Grand Prix Circuit, Australia dilansir dari akun sosial media resmi Formula 1 .

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.