Mati Lampu, Warganet Beri Saran Gunakan Solar Panel

0
195
mati-lampu

Minggu (4/08) beberapa wilayah di Ibukota Jakarta serta kota Banten mengalami pemadaman listrik yang terjadi cukup lama. Hal tersebut membuat masyarakat kesal dengan kejadian mati lampu ini sehingga beberapa orang menunjukan kekecewaan mereka lewat media sosial Twitter. Minggu malam bahkan sampai Senin (5/08) masih terdapat hashtag seputar kejadian pemadaman lampu yang menggegerkan masyarakat Indonesia tersebut.

Baca Juga : 3 Indonesia Raih Penghargaan “Best Youth Brand” Award

Dari banyaknya hashtag mengenai mati lampu, beberapa orang menyarankan untuk mulai menggunakan energi terbarukan seperti tenaga solar. Ide baik ini muncul saat masyarakat mulai gemas dengan kejadian mati lampu tersebut dan berharap PLN bisa memberikan jalan keluar agar kejadian yang sama tidak terjadi lagi. Tenaga solar dipastikan dapat menjadi sumber energi listrik yang ramah lingkungan karena menggunakan sinar matahari dalam penggunaannya.

Solar Panel sebagai sistem penggunaan tenaga surya yang dikatakan lebih efisien dan lebih terjangkau ini  dipercaya juga dapat memberikan keuntungan manfaat ekonomi dan lingkungan. Solar panel atau solar cell diyakini dapat memaksimalkan potensi energi cahaya matahari yang sampai ke bumi. Tidak hanya digunakan untuk menghasilkan listrik, energi dari cahaya matahari juga dapat dimaksimalkan energi panasnya melalui sistem solar thermal.

Baca Juga : Yummy, Luncurkan Aplikasi Setelah Sukses Dengan Instagramnya

Mudahnya cara kerja solar panel adalah dapat menghasilkan listrik dengan menggunakan Fotovoltaik. Fotovoltaik adalah fenomena dimana energi sinar matahari berubah menjadi arus listrik. Selain itu solar panel atau solar cell dapat digunakan selama 24 jam menggunakan baterai.

Beberapa warganet juga meramaikan hashtag dengan mengajak masyarakat untuk mulai menyisihkan uang agar dapat membuat solar panel sendiri di rumah. Banyak orang mengharapkan solar panel tersebut tidak hanya hanya dapat digunakan pada rumah-rumah warga tetapi juga dapat digunakan dalam kawasan lain seperti daerah terpencil yang membutuhkan tenaga listrik. Contohnya seperti beberapa sekolah yang sampai saat ini belum mendapatkan aliran listrik.

Dari cuitan-cuitan tersebut masyarakat berharap PLN dapat memberikan lampu hijau agar segera beralih menggunakan energi ramah lingkungan sebagai penghasil listrik yang lebih baik kedepannya.

Baca Juga : Nike Fit, Aplikasi Agar Pembeli Tak Lagi Salah Ukuran

loading...