Minions Juarai Partai Ganda Putra All England 2018

0
162
all england 2018, ganda putra, kevin, marcus
Sumber : badmintonindonesia.org

Indonesia patut berbangga. Pasalnya, atlet bulu tangkis Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon sukses menjadi juara All England 2018, capaian ini sekaligus mempertahankan gelar yang mereka raih di turnamen yang sama tahun sebelumnya.

Kevin/Marcus menjadi tumpuan Indonesia di Final All England 2018 Sebagai satu-satunya wakil Indonesia, pasangan yang menjadi unggulan pertama sekaligus juara bertahan memastikan kemenangan usai mengalahkan pasangan Denmark Mathias Boe/Casrten Mogensen lewat pertandingan dua set sekaligus yakni dengan score 21-18 dan 21-17. Usai pertandingan Marcus yang diwawancarai mengatakan prestasi yang diraih ini sangat berkesan mengingat mereka telah menjadi kampiun pada 10 kejuaraan sejak berlangsungnya All England 2017.

Pertandingan di set pertama berlangsung ketat mengingat pasangan Denmark juga memberikan perlawanan yang cukup kuat. Meskipun sempat unggul 4 angka di awal pertandingan, kedudukan sempat berlangsung imbang 16-16 sebelum berakhir menjadi keunggulan 3 poin di akhir set pertama. Sementara set kedua, pemain Denmark mencoba bermain merapat dan unggul 2 poin sebelum akhirnya sempat disamakan lagi oleh Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon diangka 17. Akhirnya 4 angka terakhir menjadi penentu dan kunci kemenangan ganda nomor satu dunia ini.

Bahkan, pebulu tangkis yang kerap disebut sebagai Minions ini juga berhasil memecahkan rekor yang membanggakan sebagai pasangan ganda putra pertama di dalam sejarah BWF yang meraih akumulasi 100.000 rank points.

Kevin, Marcus. All England
Sumber : https://badmintonindonesia.org/

Dengan kemenangan atas rival terbesar mereka, Boe/Mogensen, poin mereka secara total menjadi 100.989 points. Mereka memecahkan rekor mereka sendiri sebelumnya yaitu 99.989 points.

Hanya ada 2 pasang ganda putra lainnya yang pernah mengakumulasi lebih dari 98.000 points, yaitu:
1. Cai Yun/Fu Haifeng, pada periode 31 Mei-14 Juni 2012 dengan jumlah 98.282 poin.
2. Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong, pada period 29 Okt-12 Nov 2015, dengan jumlah 98.530 poin.

Dengan hasil ini juga, kelima nomor sekarang sudah memiliki paling tidak satu pemain/pasang yang mencapai 6 digit poin ranking. Jika menilik pada kompetisi sebelumnya, prestasi yang diraih ganda putra asuhan coach Herry Iman Pierngadi ini terbilang sangat istimewa mengingat pada tahun 2018 ini mereka telah menjuara dua turnamen lain yakni Indonesia Masters 2018 dan India Open 2018.

Selamat Marcus dan Kevin untuk pencapaian yang luar biasa!

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.