Terlambat Datang Bulan belum tentu Tanda Kehamilan

0
172
terlambat datang bulan

Terlambat datang bulan mungkin membuat beberapa orang berpikir bahwa dirinya hamil, padahal belum tentu juga itu terjadi. Sebenarnya hamil adalah satu faktor yang membuat datang bulan atau menstruasi datang terlambat. Banyak faktor lain yang membuat datang bulan terlambat.

Menstruasi sendiri adalah siklus bulanan di mana lapisan dinding rahim yang berisi banyak darah kotor keluar dari vagina karena pembuahan tidak terjadi. Setiap perempuan memiliki siklus yang berbeda, ada yang lama, pendek dan ada juga yang teratur. Coba perhatikan di sini ya faktor lain yang menyebabkan terlambat datang bulan.

Baca juga: Fobia dan Trauma, Kenali perbedaannya

Mengonsumsi obat

Jika kamu sedang mengalami proses pemulihan karena sakit dan mengonsumsi obat-obatan tertentu, bisa jadi inilah yang menjadi penyebab kamu telat haid. Mengonsumsi obat-obatan bisa memengaruhi siklus bulanan.

Pola hidup yang berubah

Perubahan pola hidup akan memengaruhi metabolisme tubuhmu sehingga berpengaruh pada siklus bulanan, misalnya jam tidur yang nggak teratur.

Kegemukan

Terlalu gemuk dan kurang berolahraga dapat menyebabkan hormon mengubah siklus haid.  Kebanyakan wanita mengalami siklus menstruasi yang normal dan teratur setelah berat badan kembali ideal.

Stress

Stress juga bisa memengaruhi siklus datang bulan kamu nih. Ketika sedang dalam tekanan, tubuh secara alami akan mengurangi produksi hormon GnRH yang menyebabkan tubuhmu nggak bisa berovulasi. Jika hal ini telah kamu alami dalam jangka waktu yang panjang, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Penggunaan Kontrasepsi

Jika Anda menggunakan KB susuk, suntik, atau pil yang merupakan jenis kontrasepsi hormonal maka sangat mungkin akan mengalami gangguan menstruasi dan yang tersering adalah telat haid atau amenore. Solusi untuk mengatasi hal ini yaitu dengan menggunakan KB non hormonal seperti KB alami, IUD (spiral) atau Kondom.

Baca juga:Drone, Pengawas Aktivitas Ilegal di Kawasan Berbahaya Indonesia

Apa tips yang harus dilakukan jika terlambat datang bulan?

Jika sudah waktunya menstruasi namun tak kunjung dapat, lakukan pemeriksaan kehamilan atau tes pack yang sangat mudah didapat. Jika ternyata hasilnya positif, maka penyebab telat menstruasi adalah kehamilan, maka buatlah janji pre-natal dengan bidan atau dokter.

Jika ternyata hasil tes kehamilannya negatif, maka tunggulah 1 minggu lagi lalu ulangi tes kehamilan. Jika tes kedua tetap negatif, maka segera konsultasikan dengan bidan atau dokter untuk mencari penyebab telat menstruasi tersebut lalu dicarikan solusi sesuai dengan penyebabnya.

Baca juga: Relaksasi, Inspirasi Cara Menyenangkan Diri Sendiri

Lakukan tips-tips berikut ini:

  • Olahraga secara teratur
  • Jaga berat badan tetap ideal
  • Makan dengan nutrisi yang cukup mengandung vitamin dan mineral. Beberapa menganjurkan untuk meminum jus wortel dan lemon
  • Kendalikan stress
  • Konsultasikan dengan dokter setiap penyakit atau gangguan pada tubuh yang dirasa tidak normal
loading...