Hobi Belanja Online? Yuk Simak Tips Belanja Aman Berikut

0
178
belanja online
https://economy.okezone.com/

Belanja online tentu sudah bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat perkotaan khususnya mereka para generasi millenial. Dengan kemajuan teknologi dan kepemilikan gadget yang semakin meningkat setiap tahunnya, cara orang berbelanja pun semakin praktis dengan cara online. Pada akhirya hal ini memicu lahirnya fenomena baru yakni menjamurnya toko-toko online di internet.

Untuk itu, sebagai konsumen, Anda juga harus mawas diri karena tidak semuanya pelaku bisnis online adalah mereka yang jujur. Tak jarang, beberapa diantaranya menyalahgunakan kepercayaan calon konsumen dengan melakukan penipuan. Bahkan, kasus penipuan tersebut bisa berujung di meja hijau.

Bagi Anda yang gemar berbelanja melalui toko-toko online, yuk simak tips belanja online yang aman berikut.

Testimoni
Testimoni merupakan sesuatu yang berharga bagi pemilik toko online. Dengan adanya testimoni dari pembeli tentu akan meningkatkan citra sebuah toko online. Pembeli pun bisa semakin mempercayai toko online jika banyak testimoni positif yang diberikan oleh pelanggannya. Jadi, Anda bisa menelusuri atau membaca bagaimana testimoni yang telah diberikan oleh konsumen sebelumnya. Membaca review produk atau layanan jasa seperti ini dapat membantu Anda mengambil keputusan yang tepat sebelum membeli produk tertentu.

Cek toko online
Cobalah searching di google atau situs search engine lainnya mengenai riwayat toko online tersebut. Jika Anda menemukan toko online tersebut banyak dibahas mengenai sisi negatifnya di forum atau blog, maka urungkan niat Anda untuk berbelanja di toko tersebut. Terkadang toko online penipu akan berganti-ganti nama, jadi selain mengecek nama toko, cek juga kesamaan ciri-ciri toko online tersebut dengan toko online penipu yang dibahas. Ciri tersebut antara lain jenis barang yang dijual, sistem pembayaran, bahkan nomer rekening.

Waspadai harga miring
Memang barang jualan di toko online relatif lebih murah, tapi jika murahnya terlalu jauh maka waspadalah. Biasanya barang tersebut berupa barang-barang elektronik. Misal laptop seharga 5 jutaan mereka pasang dengan harga 3,5 jutaan. Kemungkinannya adalah barang tersebut rekondisi alias tidak baru atau mereka tidak memiliki barang tersebut alias hanya menipu pembeli agar transfer sejumlah uang.

Teliti memilih barang
Perhatikan dengan detail ukuran, warna, jenis bahan, dll menyangkut barang yang akan Anda beli. Barang di toko online tidak dapat disentuh apalagi dicoba, maka penting bagi Anda untuk mengamati deskripsi dan foto barang dengan detail. Selain agar mendapatkan barang yang benar-benar sesuai dengan keinginan, Anda juga dapat melakukan komplain jika di kemudian hari ternyata barang yang sampai tidak sesuai deskripsi yang tertera.

Bertanya dengan jelas
Jangan enggan bertanya secara rinci kepada penjual. Tanyakan segalanya mulai dari kondisi barang, stok barang, hingga cara transaksi. Informasi yang jelas akan membuat sista merasa nyaman saat berbelanja.

Amati cara penjual merespon pembeli
Amati cara penjual membalas pertanyaan-pertanyaan Anda maupun calon konsumen lain lewat kolom komentar di sosial media, inbox, sms, email, atau media lainnya. Toko online yang benar-benar profesional akan menjawab dengan baik apapun yang akan ditanyakan oleh calon konsumen.

Hati-hati membeli barang yang berharga tinggi
Biasanya, toko online yang menipu akan memanfaatkan harga tinggi dari sebuah barang. Untuk barang-barang berharga murah bagi mereka akan membuang-buang waktu menjualnya. Mereka akan memasang foto barang mahal (contohnya handphone), lalu menuliskan sebuah harga yang lebih murah dari pasaran agar menarik pembeli, dan ketika pembeli transfer uangnya, toko itupun menghilang tanpa jejak. Wah, mengerikan bukan?

Demikian, tips yang bisa inspirasipagi berikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa teliti sebelum membeli ya!

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

  • Lapar Mata saat Belanja? Yuk, Coba Ikuti Tips Berikut Ini

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.