Tips Jadi Kreator Podcast yang Digemari Saat Ini

0
251
Search: Sportify

Konten kreator Podcast menjadi lapang pekerjaan cukup menjanjikan.

Podcast pada umumnya merupakan sebuah rekaman asli audio atau video, namun tak jarang pula podcast berbentuk sebuah rekaman siaran televisi, program radio, video perkuliahan, pertunjukan, atau acara lainnya. Bahkan Google telah merilis aplikasi resmi, membuat pendengar setia podcast dipermudah saat mencari episode yang diinginkan melalui aplikasi tersebut. Penasaran gimana cara membuat podcast yang bagus dan enak didengar? Yuk, simak ulasan di bawah ini.

  1. Mencari tema podcast yang tepat

Usahakan topik yang dibahas termasuk trending di masyarakat. Cari sesuatu yang berbeda sehingga jadi ciri khas dari saluranmu. Seperti aktivitas sehari-hari, konser, horor, dan sebagainya. Tak kalah penting, bahasa yang digunakan harus enak didengar dan diucapkan.

2. Pilih Platform media sosial

Memanfaatkan media anti mainstream guna membantu membagikan siaran ke khalayak. Mulai dari umum seperti Youtube, sportify, instagram, dan media sosial lainnya yang mendukung file. Saat ini banyak youtuber mengikuti trend ini, salah satunya Raditya Dika. Menurutnya, kelebihan Podcast adalah untuk mendengarkan sesuatu seperti wawancara yang lebih mendalam. Sedangkan untuk konten setiap harinya, dia memilih orang-orang dengan cerita menarik atau unik untuk disampaikan.

3. Merencanakan topik atau konten yang menarik

Usahakan konten yang kamu buat berbeda dengan chanel lainnya agar mendapatkan viewers atau pendengar lebih banyak. Bagikan pengetahuan, humor, musik anda kepada orang lain. Terutama menyajikan topik terbaru sehingga pendengar tidak merasa bosan. Urutkan naskah yang akan anda katakan di awal acara dan saat transisi dari satu kisah ke kisah yang lain.

4. Nama dan desain logo harus menarik

Menentukan nama chanel kamu sangat penting, buat nama yang mudah diingat dan sederhana. Selain itu tampilan menarik akan membuat pendengar penasaran dan mengunjungi chanel anda.

5. Perlengkapan harus memadai

Untuk tips ini, anda membutuhkan dana lebih membeli perlengkapan guna mendukung proses produksi siaran. Tanpa suara itu bukan namanya podcast, bicara dalam kecepatan yang tetap. Tunjukkan gairah dalam hal yang Anda bicarakan dan jangan lupa untuk berterima kasih kepada penonton. Sebelum memulai sesi rekaman yang sebenarnya, ambil beberapa sampel untuk menguji perangkat lunak, pastikan semuanya berfungsi.

Baca juga: Facebook Cafe Bakal Hadir di Indonesia

6. Evaluasi per episode yang telah di publis

Kamu wajib mengevaluasi konten atau video yang telah di upload. Manakah konten yang disukai oleh khalayak sehingga dapat dijadikan referensi. Minta kritik atau saran dari pendengar sehingga kita dapat memperbaiki kekurangan chanel kita.

Nah, itulah beberapa cara membuat podcast dan terpenting kerja keras tidak mengkhianati hasil. Selamat mencoba ya!

loading...