Tips Menikmati Ramadhan Selama Masa Swakarantina

0
50
ramdhan

Adanya beberapa kendala membuat Ramadhan tahun 2020 jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Anjuran untuk di rumah saja membuat banyak aktivitas beribadah yang biasanya di masjid menjadi dialihkan ke rumah. Aktivitas di rumah yang terbatas seringkali cepat membuat bosan. Hal ini juga mempengaruhi mengikisnya suasana Ramadhan yang biasanya hadir. Tapi, ini seharusnya bukan menjadi alasan kita untuk bersedih. Ramadhan yang hanya hadir 1 tahun sekali akan sayang jika dilewatkan hanya dengan bersedih dan bermalas-malasan. Lalu bagaimana ya tips menikmati Ramadhan walaupun selalu di rumah? Mari kita ulas.

Baca juga: Tradisi Unik Berbagai Negara Merayakan Bulan Ramadhan

Gerakan 1 Hari 1 Juz

Cara yang satu ini memang sudah umum dan sering dilakukan oleh banyak orang saat Ramadhan tiba. Namun dengan sedikit kreativitas, gerakan 1 hari 1 juz akan jadi lebih bermakna dan menarik. Caranya? Ajak keluarga ataupun teman terdekatmu untuk gabung dalam grup online. Sistemnya adalah, siapa saja di grup tersebut harus berkomitmen untuk mengaji Al-Qur’an sebanyak 1 juz per hari. Setelah selesai melaksanakannya, para anggota grup harus menandai juz maupun surat yang sudah dibaca di hari itu. Ini juga bisa menjadi penyemangat untuk anggota grup lain agar sama-sama semangat dalam mengaji. Bisa juga ditambahkan saling diskusi arti dari sebuah surat di Al-Qur’an. Mainkan kreativitas, sehingga kegiatan ini semakin menarik. Selain menambah pahala, Anda juga menambah wawasan tentang Al-Qur’an lewat diskusi. Dan pastinya, tetap menjaga silahturahmi antar anggota grup walaupun mungkin dipisahkan oleh jarak dan waktu.

Perencanaan Sajian Buka Puasa dan Sahur

Sudah pernah dengar tentang istilah meal prep? Metode perencanaan konsumsi harian tersebut sedikit berbeda jika berhubungan dengan Bulan Ramadhan. Karena puasa, kita hanya bisa menyantap makanan dan minuman di waktu sahur dan berbuka saja. Tidak masalah bukan? Akan lebih seru dan menantang menyiapkan perencanaan konsumsi untuk berbuka dan sahur, berikut jajanannya. Anda bisa mencari inspirasi dengan bertanya tetangga, teman, atau mencari di internet. Merasa tertantang? Silahkan segera mencoba.

Baca juga: Menu Buka Puasa Yang Tepat Dan Sehat Di Bulan Ramadhan

Terawih Bersama Keluarga

Ini dia yang paling berbeda. Sholat terawih di rumah memang agak aneh karena biasanya kita melakukan sholat di masjid terdekat. Manfaatkan saja momen ini untuk lebih dekat dengan sesama anggota keluarga Anda. Menggelar sholat berjamaah di rumah juga merupakan salah satu usaha menjaga suasana Ramadhan tetap tercipta. Pahala tetap sama, apalagi di Bulan Ramadhan yang disebut bulan pengampunan.

Mencoba Sesuatu yang Baru

Banyak orang memiliki bucket list tentang hal-hal baru yang ingin dicoba, tapi sering terhalang oleh tidak adanya kesempatan maupun waktu karena terlalu sibuknya Anda? Ini dia saatnya. Anda bisa belajar keterampilan-keterampilan baru yang sudah lama ingin Anda coba. Sebut saja melukis, belajar bahasa asing, memasak, atau Anda bisa isi sendiri daftar tersebut menjadi daftar milik Anda sendiri.

loading...