Menu Buka Puasa Yang Tepat Dan Sehat Di Bulan Ramadhan

0
139

Selama Bulan Ramadhan, semua muslim di dunia akan menjalani ibadah puasa. Mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam, para muslim akan menahan rasa lapar dan dahaganya sampai waktunya berbuka. Untuk menjaga kesempurnaan berpuasa, selain menjaga menu sahur yang tepat, tentu kalian juga harus memperhatikan menu buka puasa kalian juga, kan?

Setelah menahan dahaga dan lapar seharian, tentu rasanya kalian bisa kalap saat melihat makanan dan minuman di meja makan. Untuk itu, perlu sekali bagi kalian untuk bisa menahan diri dan menyiapkan menu berbuka puasa kalian dengan tepat. Apabila menu berbuka puasa kalian kurang tepat, tentu tidak akan baik bagi tubuh kalian. Nah, untuk itu simaklah menu berbuka puasa yang tepat agar ibadah puasa kalian menjadi lebih terjaga di Bulan Ramadhan kali ini.

Awali Dengan Minuman

Saat adzan Maghrib sudah berkumandang, segera teguk minuman setelah membaca doa berbuka puasa. Mengawali buka puasa dengan air putih bisa menjadi sebuah kebiasaan baik selama Bulan Ramadhan agar perut tidak kaget karena setelah seharian beristirahat. Setelah itu, hindari minuman yang bersoda, karena minuman manis seperti es garbis, es dawet ayu, es cao, itu lebih sehat. Tapi, jangan sampe kalap ya gengs! Kebanyakan minuman manis bakalan membuat perut kalian kembung dan kenyang duluan.

Teruskan Dengan Makanan Ringan

Sembari minum, kalian juga bisa memulai untuk makan makanan yang ringan. Seperti yang telah disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW, kalian bisa mengonsumsi tiga biji kurma. Ternyata ada banyak manfaat positif dari kurma, salah satunya adalah kandungan gula baik yang akan menjadi energi instan di tubuh kalian. Selain itu, makanan yang mengandung minyak, serta lemak berlebih lebih baik dihindari agar tubuh kalian selalu fit saat sedang berpuasa.

Perhatikan Asupan Nutrisi

Bila dalam sehari kalian bisa makan hingga tiga kali sehari, tentu kawan-kawan yang beragam muslim kali ini hanya bisa makan sebanyak dua kali sehari. Jadi, asupan nutrisi dalam sehari harus bisa dipenuhi dalam dua kali makan saja. Perbanyaklah konsumsi sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein. Sayuran serta buah-buahan akan membantu melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral sehari-hari. Untuk protein, kalian bisa memperbanyak makan ikan, telur, tempe, hingga daging yang rendah lemak.

Dengan memperhatikan santapan kalian saat berbuka puasa, tentu akan membuat kalian aware terhadap apa saja yang masuk ke dalam mulut kalian. Kebanyakan makan saat berbuka puasa tentu akan membuat perut kaian begah, kembung, dan mengantuk.

 

Baca artikel inspiratif lainnya:

Baso Aci, Kuliner Pedas Asal Garut Ini Bakalan Bikin Ketagihan

Olahraga Ringan Yang Cocok Saat Berpuasa

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.