5 Tips Agar Produktif Selama Bekerja dari Rumah

0
13
bekerja dari rumah

Saat ini dunia sedang menghadapi pandemi global virus corona. Dengan situasi tersebut, pemerintah Indonesia menganjurkan untuk melakukan physical distancing atau pembatasan sosial guna mencegah penyebaran virus. Segala aktivitas sebaiknya dilakukan di rumah, termasuk soal urusan bekerja. Pembatasan ini mendorong banyak perusahaan untuk menerapkan sistem kerja dari rumah atau work from home. 

Bekerja dari rumah tidak selalu mudah, terutama bagi mereka yang belum pernah mencobanya. Berbeda dengan suasana kantor, bekerja dari rumah memilki jebakannya sendiri sehingga Anda tidak bisa produktif menyelesaikan pekerjaan. Agar terhindar dari gangguan tersebut, berikut tips tetap produktif selama bekerja dari rumah.

Baca juga: Terus Produktif Tanpa Kendor dengan Teknik Promodoro


Bangun komitmen bekerja  

Bekerja dari rumah memang berbeda dengan bekerja di kantor. Namun, penting untuk dipahami bahwa meski di rumah, Anda memiliki kewajiban untuk menyelesaikan pekerjaan. Bekerja di rumah bukan berarti bisa bermalas-malasan. Jadi, pertama ubah pola pikir terlebih dahulu, coba bangun komitmen bekerja yang serius agar Anda tidakmudah terdisrupsi dan fokus pada pekerjaan.  

Siapkan tempat kerja khusus

Tempat kerja khusus itu penting agar Anda tidak mudah terganggu selama bekerja di rumah. Tempat khusus ini bisa jadi batasan agar anggota keluarga lainnya tidak mengganggu Anda saat bekerja. Pilih tempat yang nyaman dengan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik.


Buat to-do list pekerjaan

Menulis daftar pekerjaan bisa membantu Anda memetakan apa saja yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan Anda agar fokus bekerja dan pekerjaan tidak menumpuk. Pahami dulu tugas-tugas yang Anda miliki, lalu buatlah daftar dengan menentukan skala prioritas. Tetapkan alur kerja yang tepat, yang menurut Anda membuat pekerjaan selesai dengan cepat.

Baca juga: Produktivitas Pemuda Pada Era Digital

Tetapkan jam kerja

Bekerja di rumah sepertinya bisa memberi kebebasan lebih untuk mengatur jam bekerja Anda. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa Anda harus tahu kapan jam memulai dan mengakhiri pekerjaan agar tetap produktif. Tipsnya adalah Anda bisa bekerja sesuai jam bekerja di kantor. Hal ini untuk meminimalisir gangguan dan supaya Anda tetap fokus. Jam kerja yang jelas juga meminimalisir risiko kelelahan fisik dan burnout akibat kelebihan bekerja.


Berkomunikasi dengan rekan kerja

Kunci bekerja jarak jauh adalah komunikasi. Tetap terhubung dengan atasan atau rekan kerja akan memudahkan Anda untuk tahu tugas apa yang harus dilakukan. Koordinasi tim juga tetap lancar sehingga pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik. Agar maksimal, Anda bisa menetapkan jadwal rutin untuk melakukan meeting online agar koordinasi tetap berjalan lancar.


Bekerja dari rumah memang tidak mudah. Namun, Anda bisa menerapkan lima tips di atas untuk meminimalisir gangguan dan meningkatkan produktivitas. Tetap jaga kondisi tubuh dengan olahraga ringan di sela-sela bekerja, serta selalu mengonsumsi makanan yang sehat.

loading...