Terus Produktif Tanpa Kendor dengan Teknik Promodoro

0
140
teknik promodoro

Merasa sering hilang fokus saat mengerjakan sesuatu yang penting? Atau mungkin Anda merasa kurang memanfaatkan waktu secara maksimal? Mungkin teknik yang satu ini cocok sekali untuk Anda terapkan dalam rutinitas harian. Teknik Promodoro yang biasanya identik dengan gambar buah tomat ini nyatanya sudah teruji ampuh oleh banyak orang. Teknik yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo ini memang dikembangkan dengan mempertimbangkan kenyataan bahwa manusia memiliki perhatian yang terbatas. Jadi, seperti apa sih teknik promodoro ini bekerja? Langsung saja cek ulasan berikut.

Step 1: Pilih Pekerjaan

Buatlah daftar pekerjaan yang harus diselesaikan. Akan lebih bagus jika pekerjaan tersebut disertai rincian seperti perencaan kira-kira kapan akan selesai. Contoh: mengerjakan tugas seni budaya (2 jam), dan seterusnya.

Step 2: Atur Timer selama 25 Menit

Walaupun kita tidak mempunyai timer mekanik berbentuk tomat yang biasa digunakan dalam teknik promodoro, timer apa saja pun jadi. Anda bisa menggunakan timer di handphone Anda, ataupun yang lainnya.

Baca juga: Inilah 4 Cara Mengurangi Overthiking Demi Kesehatan Mentalmu

Step 3: Mulai bekerja (bagian pertama)

Saat alarm sudah mulai menghitung mundur, langsung mulailah bekerja. Hal yang perlu diingat adalah, selama 25 menit berjalan, sebisa mungkin hindari segala bentuk distraksi di sekitar Anda yang tidak berhubungan dengan hal yang sedang Anda kerjakan. Membalas pesan teman atau keinginan untuk makan harus ditunda sejenak dalam selang waktu ini.

Step 4: Berhenti saat Timer sudah Habis

Timer awal yang disetel 25 menit hingga berhenti inilah yang disebut promodoro. Segeralah berhenti mengerjakan ketika timer sudah habis.

Step 5: Tulis Progres dalam Daftar

Tulis progress ke dalam kategori “Promodoro 1”. Catat apapun yang bisa digunakan untuk berkembang lebih baik di waktu selanjutnya.

Baca juga: Produktivitas Pemuda Pada Era Digital

Step 6: Istirahat 5 menit

Dalam 5 menit ini, lupakan sejenak soal pekerjaan Anda dan cobalah untuk menghibur diri. Saat istirahat ini Anda bisa minum air putih, ngemil, menggerakkan tubuh, ataupun membalas pesan. Istirahat ini memang diatur untuk membuat Anda refresh sehingga siap untuk pekerjaan berikutnya.

Step 7: Bekerja Kembali, dan Ulangi Step Sebelumnya

Atur kembali timer Anda selama 25 menit. Kemudian bekerja kembali tanpa distraksi. Istirahatlah 5 menit jika 25 menit sudah selesai. Ulangi sampai Promodoro ke-4

Step 8: Ambil Jeda Istirahat agak Panjang

Setelah Promodoro ke-4 berakhir, atur waktu istirahat Anda lebih lama dibandingkan sebelumnya. Sekitar 15 sampai 30 menit, sesuaikan dengan kebutuhan.

Step 9: Lanjutkan hingga Pekerjaan Selesai

Ulangi langkah-langkah di atas dari Promodoro awal hingga ke-4 sama persis, sampai pekerjaan yang tadi sudah Anda list sudah selesai dikerjakan. Jangan lupa untuk membuat catatan progres Anda, supaya bisa dibuat pertimbangan akan hal apa saja yang masih kurang dan bisa Anda perbaiki. 

loading...