Atasi Rem Blong di Jalan Turunan Untuk Motor Matic

0
218
atasi rem blong

Atasi Rem Blong di Jalan Turunan Untuk Motor Matic – Bagi para bikers mengendarai roda dua memang bukanlah hal yang sulit. Bagaimana mengendarai motor matic ditanjakan atau turunan seperti medan di pegunungan? saat sepeda motor melaju melewati trek turunan, ada gaya gravitasi yang menyebabkan motor melaju menjadi lebih cepat.

Jika tidak menguasai medan tersebut dan tidak mengutamakan keselematan akan fatal akibatnya. Hal yang sering terjadi yaitu Sepeda Motor Matic rem blong saat turunan. Lalu bagaimana cara mencegah rem blong pada saat turunan? Sebelum itu kita membahas cara mengendarai motor matic di turunan.

Tahap pertama yang tidak kalah penting yaitu memastikan motor brother benar-benar dalam kondisi fit. Mengecek mulai dari bagian mesin, rem hingga roda. Tahap selanjutnya, pada saat kita melewati turunan, posisikan jemari anda pada handle rem. Hal ini bertujuan untuk menahan laju motor. Selain itu, berjaga–jaga saat  ada gangguan didepan kita secara mendadak.

atasi rem blong

Untuk tahap selanjutnya yang sering kali terjadi oleh para pengendara motor ketika melewati turunan, yaitu jangan sampai gas idle. Gas idle yaitu ketika mesin masih menyala tetapi tidak menarik gas sedikitpun. Dengan menahan gas motor, maka engine brake juga akan berfungsi. Jika tidak maka yang akan terjadi yaitu los.

Banyak terjadi peristiwa Rem Blong di trek turunan yang berakibat fatal. Terutama motor matic yang melaju di trek tersebut. Banyak cara mengatasi agar tidak terjadi hal tersebut.

Yang pertama adalah memperlambat laju kendaraan di trek turunan tersebut. Dengan cara itu, kita bisa memperhitungkan kecepatan dengan daya rem yang akan digunakan. Selanjutnya , tidak melepas gas hingga kosong (idle). Hal ini yang menyebabkan motor matic sulit dikendalikan. Jika kita menarik gas sedikit, maka Engine Break akan berfungsi.

Cara selanjutnya menggunakan rem  dengan sistem buka tutup, mengerem sedikit demi sedikit  atau secara bertahap agar rem tidak cepat panas atau bau gosong. Ketika daya cengkram rem sudah menurun, adakalanya para bikers menepi sejenak dengan tujuan agar temperatur di rem turun. Jika digunakan terus menerus dengan penggunaan maksimal, hal ini yang menyebabkan rem menjadi blong.

Agar tidak terjadi rem blong, alangkah baiknya kita mengganti kampas rem yang baru. Sehingga mengoptimalkan fungsi rem dan meminimalisir terjadinya rem blong. Pemilihan kampas rem baik juga mempengaruhi performa motor brother dan selalu gunakan spareparts berkualitas. Brother bisa mendapatkan spareparts motor berkualitas di distributor spareparts motor secara online maupun offline.

loading...