Waktu Terbaik Untuk Ganti Sparepart Motor

0
191
Sparepart Motor

Waktu Terbaik Untuk Ganti Sparepart Motor – Motor adalah salah satu asset anda yang mempunyai mobilitas, tingkat resiko dan kerusakan paling tinggi.

Motor layaknya sepasang kaki yang menopang perjalanan. Motor akan optimal dalam menjalankan perannya manakala mendapatkan perawatan yang benar.

Baca Juga : Fujifilm Hadirkan Instax Mini LiPlay Yang Bisa Bersuara

Merawat kendaraan terdiri dari perawatan sparepart dan penggantian sparepart jika sudah tidak layak pakai lagi. Nah, pertanyaannya adalah: Kapan Waktu yang tepat mengganti Sparepart motor Anda?

Simak ulasan dibawah ini ya sahabat inspirasipagi :

Cek kondisi sparepart hasil service berkala

Untuk service berkala 5 tahun pertama ini yang sudah pasti rutin dilakukan adalah penggantian olie mesin setiap 10.000 km, namun setelah km dashboard anda melebihi 100.000 km, biasanya anda diminta ganti olie setiap 5.000 km.

Pada periode ini biasanya anda juga perlu mengganti filter oli setiap 6 bulan sekali untuk kondisi pemakaian normal misalnya 10.000 km per tahun. Ganti busi akan dilakukan setiap 1 tahun sekali. Mulai tahun kedua biasanya terjadi penggantian filter oli dan minyak rem.

Baca Juga : Api Tak Kunjung Padam Dan Mereda Di Madura

Penggantian sparepart jarak tempuh 10.000 km

Pada jarak tempuh ini yang biasanya perlu perawatan adalah filter oli, olie versnelleng, olie gardan

Penggantian sparepart jarak tempuh 20.000 km

Mulai jarak tempuh 20.000 km perlu penggantian filter bensin, filter udara, untuk setiap 5000 km perlu dibersihkan apalagi jika sering melewati kondisi jalan berdebu.

Penggantian spare part jarak tempuh 30.000 km

Setelah menempuh 30.000 km, perlu pengecekan kondisi air radiator dan Radiator coolant

Penggantian spare part jarak tempuh diatas 30.000 km

Diatas 30.000 km, biasanya terjadi penggantian timing Belt, kampas rem, kampas kopling

Baca Juga : Mengenal Asal Muasal Brownies

Jika anda memahami siklus penggantian sparepart kendaraan anda, maka anda bisa memprediksi biaya yang perlu dianggarkan untuk merawat aset anda tersebut.

loading...