Tak Selalu Baik, Motor Listrik Juga Punya Kendala

0
109
Tak selalu baik, Motor Listrik Juga Punya Kendala

Motor Listrik Tak Selalu Baik, Mereka Juga Punya Kendala – Sampai sejauh ini kehadiran soal kendaraan berbahan bakar selain bensin ini masih simpang siur.

Menurut AISI, pemerintah dalam hal ini tengah menyusul regulasi yang diperlukan.

Pemerintah terus mengkaji tentang motor listrik untuk dijadikan aturan baru. AISI merupakan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia.

Sudah sebulan ini motor listrik buatan Indonesia telah meluncur kepasaran, GESITS namanya.

Baca Juga : Waktu Terbaik Untuk Ganti Sparepart Motor

Launching pertama mereka pada acara Indonesia International Motor Show (IIMS 2019) di Jakarta yang berlangsung dari tanggal 25 April – 5 Mei lalu.

Saat acara IIMS lalu para pengunjung diperbolehkan untuk merasakan test drive menggunakan motor listrik hasil karya Mahasiswa dan Dosen ITS ini.

Banyak pro dan kontra dari kehadiran motor listrik ini.

Dari segi kepedulian lingkungan motor listrik memang dinilai sangat bagus, apalagi susunan motor Gesits sudah sangat sempurna yang kekuatan batreinya tahan hingga 12 Jam.

Baca Juga : Anak Muda Juga Perlu Investasi

Mengalahkan motor listrik VIAR yang kekuatan batreinya hanya mampu bertahan sampai 9 Jam saja.

Hal hal seperti ini yang diperhatikan oleh AISI dengan demikian berarti motor listrik membutuhkan cost lebih tinggi daripada motor umum.

Ketua AISI Indonesia, Mas Loman juga mengatakan “saat ini harga baterai masih tergolong mahal”

Sambungnya ” Jadi kita tidak bicara waktu, tergantung teknologinya akan seperti apa. Kalau teknologinya ditemukan dan bagus, harga kompetitif. maka itu akan berjalan”

Untuk menjadi teman touring pun motor listrik masih belum cocok, karena perlu berhenti untuk di charge. Pemberhentian atau SPBU dengan charge untuk kendaraan di Indonesia belum memadai.

Loman juga mengatakan, industri kendaraan listrik bisa berkembang jika teknologi yang diperlukan mumpuni.

Baca Juga : Lari Melelahkan Namun Menyenangkan

Teknologi ini bahkan dirasa lebih penting ketimbang regulasi yang saat ini tengah digodok oleh pemerintah.

Untuk saat ini baik itu motor listrik maupun mobil listrik, cost-nya masih tinggi. Dan belum bisa menjangkau ke semua kalangan.

perlu waktu secara perlahan untuk mengedukasi masyarakat tentang perubahan teknologi ini. Menurut harga di pasaran motor gesits dibandrol sebesar 18 Juta.

Baca Juga : Api Tak Kunjung Padam Dan Melegenda

Motor listrik memang memiliki dua sisi layaknya pisau, kelak posisi motor listrik mungkin akan setara dengan motor berbahan bakar bensin.

Namun untuk saat ini kehadiranya masih belum sepenuhnya merata.

loading...