Kenali Tanda Tanda Brothers Harus Ganti Minyak Rem Motor

0
150
Berikut adalah tanda tanga kamu harus ganti minyak rem motor, jangan sampai terabaikan ya karena akan berakibat fatal ketika kamu berkendara

Bagi para pengendara roda dua, hal yang biasa menjadi perhatian adalah kondisi ban dan bensin. Sementara, rem motor biasanya jarang menjadi perhatian para pengguna motor.

Padahal, bagian ini merupakan salah satu bagian terpenting motor untuk safety riding. Ternyata, bagian rem motor perlu rutin diisi minyak rem terlebih untuk komponen rem cakram.

Baca Juga : Tips Merawat Knalpot Motor Agar Tidak Mudah Berkarat

Fungsi dari minyak rem adalah untuk melumasi komponen logam yang bergesekan, sehingga rem menjadi cakram.

Komponen ini menjadi salah satu hal yang kurang diperhatikan lantaran proses penggantiannya cukup lama, yaitu setelah 20.000 km. Jadi, Brothers perlu mengganti minyak rem tiap speedometer menunjuk kelipatan angka tersebut.

Minyak rem yang tidak segera diganti dapat membahayakan dan menyebabkan kerusakan pada komponen pengereman. Komponen pengereman yang dimaksud adalah bagian seal karet di dalam master dan kaliper rem.

Kalau sudah rusak, bagian dalam master atau kaliper rem yang rusak perlu diperbaiki dahulu sebelum minyak rem diganti baru. Salah satu ciri yang mudah terlihat saat minyak rem low adalah motor terasa tidak pakem dan minyak rem sudah keruh.

Kalau belum waktunya sudah terlihat kurang atau warnanya berubah, sebaiknya ditambah atau ganti baru. Paling terasa saat ditekan, tuas jadi lebih dalam. Selain itu minyak rem yang sudah terlalu lama juga sudah cair dan mengendap pada tabung kaliper

Baca Juga : Didi Kempot Fathers Of Brokenheart Indonesia

Jangan lupa lakukan servis pada rem secara menyeluruh. Untuk motor yang mesinnya masih standar, minyak rem jenis DOT 3 saja sudah cukup.

Selain harga minyak rem jenis DOT 3 lebih murah, suhu panas saat ngerem masih bisa ditahan. Kecuali kalau pakai kendaraan yang sering dibawa ngebut, demi menjamin keamanan, gunakan minyak rem jenis DOT 4.

Baca Juga : Facial Kini Sangat Mudah Tak Perlu Biaya Mahal

Minyak rem yang tidak segera diganti dapat membahayakan dan menyebabkan kerusakan pada komponen pengereman bagian seal karet di dalam master dan kaliper rem.

Jadi gimana Brothers? pastikan Brothers rutin mengecek kondisi minyak rem ya agar berkendara tetap aman dan nyaman.

loading...