Bahaya Terlalu Banyak Air Putih Untuk Kesehatan

0
127
terlalu banyak air putih

Terlalu Banyak Air PutihTerlalu banyak air putih juga ada sisi negatifnya ya!

Sudah dari zaman dulu, kita disuruh buat minum air putih paling tidak 6 gelas per hari. Bahkan dari bangun tidur yang harus kita cari sebelum ponsel seharusnya adalah air putih! Manfaatnya ini emang benar-benar tidak bisa dipungkiri lagi. Tapi apa sebenarnya kita juga sadar, kalau terlalu banyak air putih ternyata juga tidak baik. Tidak hanya berdampak negatif terhadap diri sendiri, ternyata untuk mahkluk lain disekeliling kita juga. Berikut adalah beberapa efeknya.

Baca Juga : Program Pengurangan Plastik, Apa Plastik Cuma Sedotan?

Hati-Hati Iritasi Perut

Karena banyaknya yang diminum, otomatis kadar elektrolit dalam tubuh kita juga akan tidak seimbang sahabat pagi. Karena tubuh manusia hanya cukup 1,5 sampai 2,5 liter air, tapi ketika terlalu banyak otomatis bisa membuat iritasi di perut. Dampaknya? Kita akan merasakan keracunan cairan, dan perlu mengeluarkan uang lebih untuk berobat ke dokter.

Pembengkakan Sel Dalam Tubuh

Asupan air yang terlalu banyak akan menyebabkan darah lebih menjadi cair, akibatnya kadar elektrolit dalam darah lebih rendah daripada dibandingkan kadar di dalam sel. Dan buat ngembaliin keseimbangannya, air bakalan ngisi sel-sel tubuh dan bakalan menyebabkan pembengkakan. Biasanya efek sampingnya yaitu kejang, mual, sampai ningkatin resiko kena hidrosefalus.

Baca Juga : RUU Permusikan, Melindungi atau Melucuti Musisi?

Buang Air Kecil Berlebihan

Ini yang tidak akan bisa dihindari, gara-gara kita sering banget minum air putih yang terlalu banyak hasilnya Sahabat Pagi juga akan sering banget berkunjung ke kamar mandi kan. Coba liat efek sampingnya, tagihan air sahabat pagi makin akan membengkak!

Gangguan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan konsumsi air secara berlebihan, volume darah pun meningkat sehingga jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya tekanan yang tak perlu pada pembulu darah dan jantung sehingga bisa menyebabkan gangguan jantung serius.

Baca Juga : UGM Kampus Cinta Damai, Buatan atau Alami?

Hal-hal diatas itu sebagian kecil contoh dari apapun yang terlalubanyak, itu nggak baik sahabat pagi! Jangan lupa tubuh hanya butuh 1,5 sampe 2,5 liter perhari. Kalau berlebihan bisa bahaya. Stay healthy, biar tidak membuat orang sekitar cemas ya.

loading...