Black Box Harus Direndam Air. Kenapa ya?

0
40
Black Box Harus

Black Box Harus Direndam Air. Kenapa ya? – Beberapa waktu lalu terjadi peristiwa kecelakaan pesawat Lion Air Pk-LQP JT610 yang jatuh pada hari Senin (29/10) di perairan Karawang, Jawa Barat. Dan kotak hitam atau black box dari pesawat tersebut telah ditemukan Kamis (1/11). Kotak hitam ini ditemukan pada pukul 10.00 WIB oleh Sertu Marinir Hendra Saputra, anggota tim penyelaman TNI AL, di kedalaman sekitar 30 meter.

Seperti yang kita tahu, black box berisikan data-data penting selama penerbangan sehingga bisa menjadi kunci dari kronologi peristiwa kecelakaan tersebut.

Black Box Harus
Source :
https://www.google.co.id/

Tapi, pada beberapa cuplikan video yang beredar pada saat black box telah ditemukan. Kotak hitam tersebut selalu direndam air dan tidak boleh dibiarkan mengering, kenapa ya?

Black box dikenal sebagai benda yang sangat kuat, tahan benturan dan tak mudah dihancurkan bahkan terbakar sekalipun. Benda berwarna oranye tersebut meski dibakar dalam suhu 1.000 derajat Celcius tidak akan mudah terbakar.

Seperti dilansir Brilio, Dari penjelasan Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono, bahwa kotak hitam atau black box harus selalu terendam air dan tidak boleh kering. Menurutnya, pengeringan tanpa prosedur itu dapat merusak memori black box. Karenanya dibutuhkan perhatian khusus untuk menjaga bagian terpenting dari pesawat ini. Agar hasil investigasi dapat berjalan dengan baik.

Oleh sebab itu pengeringan black box hanya boleh dilakukan oleh tenaga ahli dengan prosedur tertentu dalam laboratorium agar tidak merusak dan menghilangkan data-data didalamnya.

Setiap maskapai penerbangan memiliki black box di dalamnya. Black box memang menjadi hal penting dalam penerbangan. Saat pesawat mengalami musibah maka yang paling pertama di cari adalah black box, karena benda tersebut akan sangat membantu untuk mencari data-data pesawat. Maka dengan ditemukan black box ini akan mudah diketahui apa yang terjadi sebelum pesawat dinyatakan jatuh.

Baca Juga Artikel Inspiratif Lainnya :

loading...