Review Singkat Yamaha FreeGo, The Amazing Matic 125cc Dengan Fitur Kekinian

0
24

Setelah sukses meluncurkan Yamaha Lexi beberapa bulan yang lalu, kali ini Yamaha meluncurkan skuter matik terbaru dengan nama Yamaha FreeGo. Matik yang memiliki mesin 125cc dengan teknologi Blue Core ini disebut-sebut bakal menggantikan Soul GT yang sudah hadir lebih dulu, atau ada juga yang menyebutkan FreeGo mengisi keluarga MAXI Yamaha, karena desainnya yang terlihat mirip dengan NMax dan Lexi. Padahal belum tentu yang dipikirkan khalayak publik benar adanya.

Baca juga : Gaya Jokowi Naik Kawasaki W175 Kustom, Helm Dan Jaket Nyentriknya Produk Lokal!

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memperkenalkan skuter matik yang mengusung tagline “The Amazing Matic” ini pada saat ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 berlangsung, yang dilaksanakan pada 31 Oktober hingga 4 Nopember, di Jakarta Convention Center. Peluncuran sepeda motor terbaru ini disambut sangat antusias oleh publik, terbukti Yamaha FreeGo tercatat sebagai angka penjualan tertinggi sejak pameran berlangsung, mengalahkan penjualan Yamaha NMax.

Fitur utama Yamaha FreeGo

Desain Yamaha FreeGo ini terbilang unik dan kekinian. Matik dengan model bodi yang kekar ini memiliki 3 fitur utama yang menjadi ciri khas tersendiri.

  1. Big Luggage Capacity 25l, bagasi yang mampu memuat helm full-face serta perlengkapan berkendara lainnya. Cocok untuk keperluan aktifitas sehari-hari dengan mobilitas tinggi.
  2. Smart Front Refuel, tuas bensin disematkan di bagian depan sisi kiri ruang kemudi. Karena tangki bensin berada didepan sehingga ruang bagasi dapat diperluas dan pengemudi tidak perlu turun dari jok motor untuk membuka tangki bensin.
  3. Electric Power Socket, untuk mengisi ulang daya baterai gadget yang disematkan di atas instrumen rumah kunci motor.

Selain 3 fitur utama diatas, FreeGo dilengkapi juga dengan fitur kekinian lainnya, seperti lampu utama LED, ban tubeless dengan tapak lebar, speedometer digital dengan Multi Information Display, serta lampu hazard.

Baca juga : Masalah Umum Motor Matic dan Cara Menanganinya

Yamaha menegaskan bahwa kehadiran matik terbarunya ini bukan untuk mengisi lini MAXI Yamaha, meskipun dari segi penampilan dan mesin telah memenuhi syarat untuk menjadi keluarga MAXI. Sedikit penjelasan, MAXI Yamaha adalah lini skuter matik premium Yamaha berbodi bongsor, yaitu Yamaha Lexi, Aerox, NMax, XMax dan TMax. Vice Executive President PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Dyonisius Beti mengungkapkan bahwa kehadiran FreeGo ini bertujuan untuk mengisi top-class dari lini skutik 125cc non-MAXI setelah Soul GT 125, dibawah Yamaha Lexi. Ini bisa menjadi alternatif bagi para konsumen yang belum kesampaian membeli Yamaha Lexi karena harga yang cukup mahal, karena FreeGo telah dibekali fitur lengkap dengan harga terjangkau. Bicara soal performa, Yamaha FreeGo ini menggunakan karakteristik mesin sama persis dengan Soul GT, namun dengan beberapa pembaruan. Sayangnya, mesin FreeGo ini tidak dibekali fitur VVA (Variable Valve Actuation) seperti yang telah dibenamkan pada Lexi dan Aerox. Diatas kertas, daya dan torsi maksimum FreeGo masih dibawah Lexi, tetapi Yamaha mengklaim FreeGo mampu bersaing dengan kompetitornya, Honda Vario 125, baik dari segi harga, fitur dan performa mesinnya.

Yamaha FreeGo hadir dalam 3 varian, FreeGo standar, FreeGo S, dan FreeGo S-ABS. FreeGo S dilengkapi ekstra fitur Smart Keyless System dan Stop & Start System. Smart Keyless System memungkinkan menghidupkan motor dengan remote alarm, dilengkapi dengan Answer Back System untuk memudahkan mencari FreeGo di tempat parkiran. Sedangkan Stop & Start System, mesin akan mati dengan sendirinya ketika berhenti, dan untuk menyalakan kembali cukup dengan menarik sedikit tuas gas, sehingga konsumsi BBM menjadi lebih irit dan ramah lingkungan. Sedangkan untuk versi FreeGo S-ABS yaitu penambahan fitur pengereman Anti-Lock Braking System (ABS), untuk mencegah rem terkunci pada saat melintasi jalan licin.

Baca juga : Penyebab Motor Sering Mogok, Wajib Tahu Agar Tidak Awam Soal Mesin

Bagi anda yang tertarik ingin menimang FreeGo ini, Yamaha membanderolnya dengan harga OTR mulai dari Rp 18,5 juta untuk tipe standar, Rp 19,7 juta untuk tipe S, dan Rp 22,5 juta untuk tipe S-ABS. Yamaha FreeGo hadir dengan 4 pilihan warna (hitam, merah, biru dan putih) dan 2 pilihan warna doff (merah dan abu-abu) untuk tipe S dan S-ABS. Dengan 3 fitur “the amazing matic” dari Yamaha FreeGo, sudah siapkah anda untuk jatuh cinta dengan Yamaha FreeGo?

Jangan lupa juga, bagi anda yang ingin merawat motor anda agar tetap selalu prima dan responsif, gunakan selalu suku cadang berkualitas dan lakukan servis secara berkala di bengkel resmi. Anda bisa menggunakan produk suku cadang dari Baransu Spareparts, karena pastinya mutu Baransu telah terjamin dan harga juga terjangkau. Kunjungi website Baransu di link berikut.


Sumber gambar:
Foto Yamaha FreeGo (kompas.com)
Fitur utama Yamaha FreeGo (yamaha-motor.co.id)

loading...