Buku Manual Apple-1 Dilelang, Harganya Ratusan Juta Rupiah

0
28
buku manual

Buku manual atau buku panduan untuk pemakaian komputer Apple-1 dilego di situs lelang RR Auction. Buku setebal 12 halaman ini terbilang langka karena komputer Apple-1 dirilis pada 1976.

Menurut MacRumors, buku serupa sekarang diprediksi hanya ada 65 di dunia. RR Auction memberi keterangan di situs bahwa buku manual itu masih dalam kondisi baik.

Baca juga: Ribuan Turis ‘Berburu’ Embun Upas di Gunung Bromo

Menariknya, dalam paket lelang, RR Auction menyertakan sepasang foto kuno duo penemu Apple, yakni Steve Jobs dan Steve Wozniak. Foto tersebut dibubuhi tanda tangan mereka sehingga diyakini sangat bernilai jual.

Berdasarkan pentauan Selasa kemarin waktu setempat, penawaran tertinggi untuk buku panduan itu mencapai angka USD 9.422 atau setara Rp 133 juta. RR Auction meyakini penawaran bisa menyentuh USD 10.365 atau Rp 146 jutaan.

RR Auction masih membuka lelang sampai Rabu (10/07) waktu setempat. Kalau ada penawaran senilai lebih kurang Rp 146 juta, RR Auction kemungkinan bakal melepas koleksi bersejarah tersebut.

Akhir Mei 2019 lalu, komputer Apple-1 klasik laku terjual USD 471 ribu atau lebih kurang Rp 6,7 miliar di balai lelang Christie’s di Inggris. Angka sebesar itu jauh lebih tinggi ketimbang lelang pada tahap sebelumnya.

Baca juga: Risiko yang Bisa Timbul dari Pernikahan Sedarah atau Inses

Beberapa waktu lalu, seperangkat komputer Apple-1 juga dilelang dengan harga laku USD 210 ribu atau sekira Rp 3 miliar. Namun, jauh sebelumnya, perangkat serupa laku lebih tinggi seharga USD 815 ribu atau Rp11,7 miliar.

Informasi menyebut bahwa komputer yang dilego di balai lelang Christie’s di Inggris awalnya dimiliki oleh seorang pria bernama Rick Conte pada 1977. Namun, perangkat disumbangkan ke organisasi nirlaba pada 2009.

Pada 2010, komputer tersebut dibeli untuk koleksi pribadi pada September 2014. Paket penjualannya termasuk sejumlah aksesori berupa tape recorder kaset Panasonic, mikroprosesor Motorola, dan banyak lagi.

Baca juga: KLB Hepatitis A di Pacitan, Cincau dan Air Diduga Jadi Sumber Penularan

loading...