Mengenal Keindahan Flores, Dibalik Tragedi Kebakaran

0
97
Sumber ; superadventure.co.id

Alam Flores adalah salah satu yang menjadi tujuan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Flores sebagai  pulau yang cukup terkenal diantara pulau-pulau lain di provinsi Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga : Kontes Mini Video

Dimulai dari wilayah barat, Kabupaten Manggarai terkenal dengan wisata Taman Nasional Komodo dan pulau-pulau lain sekitar Labuan Bajo. Beranjak ke Kabupaten Ngada, kalian dapat mengunjungi perbukitan Manulalu yang sejalan dengan arah Kampung Adat Bena. Flores Tengah di Kabupaten Ende, kita dapat menikmati keindahan Danau Kelimutu.

Danau Kelimutu
Sumber ; anekatempatwisata.com

Danau ini terkenal karena warna airnya dapat berubah-ubah sesuai dengan musim. Maumere sebagai ibukota Kabupaten Sikka menyimpan banyak keindahan pantainya salah satunya Pantai Koka.

Pantai Koka, Maumere
Sumber : Travel Today

Dan paling ujung sebagai Kabupaten Flores Timur, wisatawan dapat menikmati gugusan pulau Lembata dan Adonara yang menyimpang segudang kekayaan alam.

Baca Juga : Kenali Finish Lip Color

Sayangnya, NTT dan Flores secara khusus sedang diguncang oleh peristiwa kebakaran yang melanda Gili Lawa, bagian dari Taman Nasional Komodo dan Kampung Adat Gurusina di Kabupaten Ngada.

Gili Lawa
Suasana GIli Lawa sebelum terbakar. Sumber ; tribunnews.com
Kebakaran Gili Lawa
Suasana Gili Lawa saat kebakaran. Sumber : merdeka.com
Kampung Adat Gurusina
Suasana Gurusina sebelum terbakar. Sumber : brilio.net
Kebakaran Kampung Adat Garasina
Suasana Kampung Gurusina saat kebakaran. Sumber : tirto.id

Peristiwa kebakaran di Gili Lawa terjadi pada Kamis (2/8) lalu yang diduga karena bekas putung rokok wisatawan. Kebakaran ini juga diduga oleh kelalaian wisata dan mencatut salah satu nama tour and travel. Kasus yang masih belum tuntas ini harus ditambah dengan peristiwa kebakaran lain di Kampung Adat Gurusina pada Senin (13/8). Hal ini diduga dari arus pendek atau konslet dari salah satu rumah warga bernama Ode Firdaus Zeneni. Tidak ada korban jiwa dari dua peristiwa diatas, namun kerugian material menyebabkan Taman Nasional Komodo harus mendapat perawatan intensif karena api telah menghanguskan 10 hektar wilayah.

Hal ini menjadi pelajaran terutama bagi wisatawan dan juga masyarakat lokal untuk bersama-sama menjaga kekayaannya.

Baca Juga : Bebe Rexha Galau

loading...