Fakta Seru Dibalik PILKADA JATIM 2018

0
96
PILKADA JATIM

Seperti yang sudah kita ketahui, PILKADA diselenggarakan setiap 5 tahun sekali untuk memilih kepala daerah setempat. Tahun 2018 ini, warga Jawa Timur berkesempatan untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan memimpin mereka. Dibalik PILKADA Jatim kali ini banyak fakta seru lho, kuy simak artikel ini!

Ditetapkan sebagai hari libur nasional

Tanggal 27 Juni 2018 secara resmi diputuskan menjadi hari libur nasional melalui Keppres tentang libur nasional. Aturan ini dibuat karena Pilkada tidak hanya dilakukan di Jawa Timur. Pemilihan dilakukan serentak di 171 daerah yang terdiri dari 17 Provinsi, 39 kota, dan 115 Kabupaten. Pemerintah memberlakukan hari libur nasional untuk memudahkan mobilitas pemilih menggunakan hak suaranya di tempat pemilihan mereka.

PILKADA JATIM – Pemilih  didominasi oleh wanita!

Pemilihan kepala daerah  ini diikuti oleh 152.058.452 warga yang tersebar di Indonesia. Sesuai statistik, wilayah PILKADA Jawa Timur menyumbang angka pemilih sebesar 30.155.719 orang. Uniknya, jumlah pemilih wanita lebih banyak, yaitu sekitar 15,3 juta jiwa sedangkan pria sebesar 14 juta jiwa.

Menargetkan pemilih muda

14.5 juta pemilih di Jawa Timur merupakan anak muda lho! Angka yang cukup besar kan? Oleh karena itu, kedua kandidat Gubernur dan wakil Gubernur memilik program yang namanya ear-catching bagi anak muda.  Gus Ipul dan Puti mengusung program Dik Dilan (Pendidikan Digratiskan Berkelanjutan), Satria Madura (Satu Triliun untuk Madura), Desa Cemara (Desa Cerdas Maju Sejahtera), Tebar Jala (Pusat Ekonomi Baru Jalur Selatan, Mas Metal (Masyarakat Melek Digital)’, ‘Seribu Dewi (Seribu Desa Wisata)’. Rivalnya pun tak mau kalah saing, Khofifah- Emil membuat nama program yang unik. Program bernama Nawa Bhakti Satya yang terdiri dari 9 bhakti menjadi salah satu program pamungkas dari kedua pasangan ini. Program tersebut mencakup Jatim Sejahtera, Jatim Kerja melalui Milenial Job Center, Jatim Cerdas dan Sehat, dan Jatim Akses yang diprioritaskan untuk membangun infrastruktur dalam kerangka pengembangan wilayah terpadu.

 

Ternyata banyak serba-serbi seru di PILKADA Jatim hari ini. So, tunggu apalagi? Segera ke TPS terdekat untuk menyuarakan pilihanmu! Kenali calonnya, pahami programnya, dan gunakan hak pilihmu ya!

 

Yuk, kulineran di Surabaya sambil menikmati libur nasional!

Baca juga:

Kuliner BBQ Surabaya

Kuliner Pedas Surabaya

Apa sih bea masuk dan bea keluar?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.