Bea masuk dan bea keluar, berikut pengertiannya

0
561
bea masuk dan keluar

Bea masuk dan bea keluar, berikut pengertiannya – Bea dan cukai, kedua istilah ini pasti sering kita dengar, terutama ketika berada di bandar udara. Kita juga sering mendengar istilah ini pada media massa seperti televisi atau koran. Namun, tak banyak yang mengetahui pengertian dan perbedaan dari istilah tersebut. banyak yang beranggapan bahwa keduanya memiliki tugas dan fungsi yang sama. Akan tetapi keduanya memiliki tugas dan fungsi yang berbeda. Bea dibagi menjadi dua, yakni Bea masuk dan Bea keluar. Lalu, apa fungsi dan pengertian dari keduanya? Berikut penjelasannya.

Pengertian Bea

Bea dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Bea masuk dan Bea keluar. Masing-masing memiliki pengertian yang berbeda. Dan pada dasarnya bea masuk dan bea keluar merupakan pungutan yang dilakukan negara berdasarkan undang-undang pabean.

Bea Masuk

Bea masuk merupakan pungutan yang dilakukan oleh negara pada barang-barang impor berdasarkan undang-undang pabean. Jika kita mengimpor barang dari negera lain, maka kita diwajibkan membayar biaya pungutan pada negara berupa Bea masuk tersebut. besaran Bea masuk yang harus dibayar juga tergantung dari jenis barang yang diimpor.

Bea Keluar

Bea Keluar merupakan pungutan yang dilakukan oleh negara pada barang-barang ekspor berdasarkan undang-undang pabean. Biasanya, Bea keluar dikenakan pada barang-barang yang menjadi kebutuhan di dalam negeri seperti minyak kelapa sawit (CPO), pasir besi, beberapa jenis kayu, rotan dan lain sebagainya. Barang yang dikenakan bea keluar biasanya berupa produk mentah atau setengah jadi.

Fungsi Bea

Pungutan negara yang dilakukan dari Bea tentunya memiliki tujuan khusus yang bersifat menaungi. Salah satu tujuan pengenaan bea pada barang impor adalah mengurangi tingkat impor. Mengapa demikian? Transaksi barang impor bukan berarti tidak membawa dampak buruk. Setelah barang dikenakan Bea Masuk maka harga barang impor tersebut meningkat dan apabila diperjual belikan akan membuat harganya menjadi mahal. Sehingga dapat membuat daya beli masyarakat akan barang impor menjadi menurun.

Tujuan lain dikenakan Bea pada barang-barang impor adalah sebagai pemasukan negara. Dengan kata lain pungutan dari Bea masuk akan masuk ke kas negara dan nantinya akan digunakan untuk mendanai pembangunan yang dilakukan oleh negara.

Itulah pengertian serta fungsi dari Bea agar kita tidak lagi menyamakannya dengan Cukai.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.