Fungsi Gear Pada Sepeda Motor

0
269
fungsi gear pada sepeda motor

Fungsi gear pada sepeda motor – Gear merupakan komponen kecil pada sepeda motor yang terkadang luput dari perhatian kita. Meskipun kecil dan harganya yang relatif murah, komponen ini berperan besar untuk dapat menggerakkan roda pada sepeda motor. Performa dari mesin sepeda motor juga dipengaruhi oleh komponen ini. Lalu, sebenarnya apa fungsi dari gear pada sepeda motor?

Sebagai penggerak roda

Fungsi pertama gear pada sepeda motor adalah sebagai penggerak roda. Pada umumnya sepeda motor menggunakan sistem penggerak roda belakang karena dianggap lebih efisien untuk menjalankan mesin yang menggunakan dua buah roda. Sama halnya sepeda yang rodanya digerakkan oleh gear pada roda belakang. Maka jangan berharap roda anda bisa berjalan dengan mesin tanpa adanya gear.

Sebagai pentransfer putaran mesin ke roda belakang

Secara umum, gear memang berfungsi sebagai penggerak roda belakang, pada sepeda motor maupun pada sepeda biasa. Namun secara teknis, pada sepeda motor itu sendiri, gear memiliki fungsi yang didefiniskan sebagai pentransfer putaran mesin kepada roda, sehingga roda dapat berputar dan sepeda motor dapat berjalan.

Meningkatkan atau menurunkan akselerasi sepeda motor

Untuk sepeda motor yang sering digunakan pada medan yang menanjak harus ada modifikasi pada final gear rasio menjadi lebih besar, sehingga akan membuat akselerasi sepeda motor meningkat dan menjadi lebih optimal ketika menempuh jalanan yang menanjak.

Penyeimbang roda belakang sepeda motor

Gear belakang pada sepeda motor juga berfungsi untuk menyeimbangkan roda belakang sepeda motor, terutama ketika berakselerasi. Terutama ketika bagian gear belakang dalam posisi yang tidak center, maka akan menyebabkan laju sepeda motor menjadi tersendat dan roda belakang sepeda motor akan terasa sedikit bergoyang ketika berakselerasi.

fungsi gear pada sepeda motor

Kini kita tahu beberapa fungsi gear pada sepeda motor. Rawat dan cek secara berkala gear sepeda motor anda untuk memperpanjang usia pemakaian gear pada motor anda. Serta selalu gunakan sparepart gear sepeda motor yang berkualitas agar tidak mudah rusak dan dapat membuat akselerasi sepeda motor anda tidak maksimal. Kunjungi Baransu untuk bisa membeli gear packet berkualitas tinggi!

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.