Geluti Hobi Jadi Cara Mencintai Diri

0
153

Geluti Hobi memang salah satu opsi terbaik yang bisa dicoba untuk menyenangkan diri sendiri apalagi di masa-masa sulit seperti sekarang. Mengembangkan hobi merupakan bentuk self love untuk pengembangan diri sendiri dan juga sekitar. Saat mencoba hobi baru, tidak jarang kita tersadarkan akan sesuatu yang selama ini mungkin terlewat dari pengamatan kita. Anda termasuk orang yang sedang mencari inspirasi hobi baru? Maka Sahabat Pagi datang ke tempat yang tepat. Kira-kira hobi apa yang cocok ? Yuk, cek bersama!

Berkebun

Anda tipe orang yang aktif dan penyuka kegiatan outdoor? Maka berkebun bisa jadi pilihan. Melejitnya tanaman hias, seolah menjadi bukti. Kini banyak orang mulai menjadikan berkebun sebagai hobi baru mereka.

Menjalankan hobi membutuhkan banyak usaha. Tentunya akan setimpal dengan hasil akhirnya. Sahabat Pagi bisa belajar pelajaran hidup seperti kerja keras, kesabaran, dan juga konsistensi. Bukan hanya rasa puas semata. Melainkan juga kebanggaan diri.

Bayangkan aja dulu, saat tanaman yang Anda tanam, kemudian dijaga serta rawat penuh cinta dan ketelatenan, akhirnya tumbuh subur atau bahkan bisa dipanen. Hm, asik kan? Berkebun tidak hanya membawa dampak positif bagi seseorang yang menjalani hobi tersebut, melainkan juga lingkungan sekitarnya.

Karena dimana tanaman tumbuh, udara menjadi segar. Kualitas oksigen meningkat. Akhirnya udara sekitar kebun Anda lebih enak untuk dihirup. Bukankah menghirup udara segar, hati pun juga ikut tentram?

Baca Juga: Inilah Hobi yang Anti-Mainstream dan Berguna!

Menjahit

Kalau hobi ini sih bisa dibilang gampang-gampang susah ya. Tapi berproses itu seru banget kok. Saat menyelami internet, tutorial gratis tentang menjahit untuk pemula sudah menjamur. Siap ‘dipetik’ yang sekiranya sesuai dengan tipe Sahabat Pagi.

 Jika mencari hobi untuk mengasah kreativitas supaya encer anti mampet, maka menjahit bisa jadi soulmate yang pas. Sesederhana level memperbaiki kancing yang lepas, sampai level hard seperti menjahit selimut dari kumpulan baju tidak terpakai milik.

Semakin sering kemampuan menjahit diasah, maka semakin cepat naik levelnya. Psst, menjahit tanpa sadar akan membuat Anda sadar akan value sebuah pakaian. Daripada membeli baru, jauh lebih tertantang untuk memberi warna baru pada pakaian lama. Jadi, Anda akan lebih bijak dalam menyikapi tren fast fashion.

Baca Juga: Tips Menarik Untuk Hobi Fotografimu

Menulis jurnal

Menulis jurnal itu bisa masuk kategori hobi? Ini dia hobi yang sesuai seperti pepatah “diam-diam menghanyutkan”. Menulis jurnal awalnya memang kelihatan membingungkan. Apalagi untuk seseorang yang lebih suka mengutarakan daripada menuliskan.

Percaya tidak percaya, menulis jurnal lama-lama bisa menjadi candu yang asik untuk dilakukan sehari-hari. Lewat menulis jurnal, Sahabat Pagi bisa melihat diri dari sebuah prespektif baru. Ini kemudian menjadi menarik karena kita mencurahkan segala keluh kesah kepada secarik kertas tanpa khawatir mendapatkan sebuah penilaian dari siapapun. Hanya menulis dan bercerita.

Dari ketiganya, mana yang hobi yang menyenangkan menurut Sahabat Pagi ?

loading...