Gunung Pundak, Gunung Mungil untuk Pendaki Pemula

0
316
gunung pundak

Gunung pundak, gunung mungil untuk pendaki pemula – Gunung pundak terletak di Dusun Claket, Kecamatan Pacet, Jawa Timur dan masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo dengan ketinggian 1.547 mdpl. Untuk menemukan pos perizinan gunung Pundak cukup mudah karena bisa ditemukan pada Google Maps dan di gunung ini terdapat dua jalur pendakian yang bisa diakses untuk umum, yaitu pendakian via Puthuk Siwur dan Tahura. Lokasi pos perizinan kedua jalur pendakian ini juga tidak terlalu jauh dan masih satu jalan. Pada kedua jalur pendakian ini tentu memiliki medan jalur, jarak tempuh dan pemandangan yang berbeda.

Pada jalur pendakian via Puthuk Siwur akan dikenakan biaya registrasi Rp.10.000,- per orang dan biaya parkir Rp.10.000,- per hari. Di awal perjalanan para pendaki akan disuguhi dengan pemandangan hutan pinus yang rindang dan tentunya sangat cocok untuk dijadikan spot berfoto. Pada jalur ini normalnya para pendaki menempuh sekitar 2 Jam perjalanan untuk mencapai puncak gunung Pundak. Oleh karena itu gunung ini sangat cocok untuk para pendaki pemula. Namun sayangnya pada jalur pendakian via Puthuk Siwur tidak ada sumber air bersih.

gunung pundak

Puncak Puthuk Siwur

Setelah menyusuri hutan pinus, pendaki akan mencapai puncak Puthuk Siwur. Tempat ini cukup luas dan cocok untuk mendirikan tenda karena tanahnya yang datar. Pada puncak Puthuk Siwur para pendaki akan disuguhi dengan pemandangan gunung Penanggungan. Selain itu, tempat ini juga cocok untuk menikmati matahari terbit ketika pagi hari.

gunung pundak

gunung pundak

Puncak Gunung Pundak

Setelah mencapai puncak Puthuk Siwur akan berlanjut ke jalur pendakian yang sedikit menanjak untuk mencapai puncak gunung Pundak. Jarak tempuh dari puncak Puthuk Siwur tidak terlalu jauh, setelah mencapai puncak, para pendaki akan disuguhi keindahan panorama alam yang mempesona. Dari puncak gunung Pundak tampak gunung Welirang yang gagah dengan lerengnya yang hijau dan sangat memanjakan mata. Puncak gunung Pundak berupa tanah lapang yang cukup luas cocok untuk mendirikan tenda dan terdapat tiang bendera beserta plat bertuliskan “Puncak Gunung Pundak 1.547 mdpl” untuk properti berfoto.

gunung pundak

gunung pundak
Source : https://www.google.com/

Meskipun termasuk gunung mungil, gunung Pundak memiliki keindahan panorama yang tak kalah indah dengan gunung lainnya. Oleh karena itu tetap jaga kelestarian alam serta kebersihannya supaya tidak merusak keindahan alam kita.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.