Kenali Jenis-jenis Bahan kaos

0
47
jenis-bahan-kaos

Kenali Jenis-jenis Bahan kaos – Sebelum membeli kaos ada baiknya jika kamu kenali terlebih dahulu jenis-jenis bahan kaos. Banyaknya pelaku usaha dalam dunia Clothing membuat banyak pula ragam jenis bahan yang digunakan dalam setiap produknya. Inilah jenis-jenis bahan kaos yang wajib kamu ketahui!

Bahan Katun

Katun adalah sebutan nama bahan yang diambil dari bahasa inggris yakni Cotton yang berarti kapas. Pada dasarnya jenis bahan katun terbuat dari 100% serat kapas alami. Ciri dari bahan ini sangatlah beragam diantaranya memiliki tekstur yang halus, nyaman ketika digunakan, menyerap keringat, dan cenderung sejuk ketika digunakan. Jenis bahan ini sangatlah cocok digunakan di daerah tropis seperti di indonesia. Katun juga terbagi menjadi 2 varian yang disesuaikan berdasarkan jenis benang dan setting gramasinya (gr/m2), yaitu :

1. Cotton combed

Cotton combed diproses dengan pemilahan kapas dengan cara disisir, itulah alasan kenapa disebut sebagai COMB. Hasil serat kapas nampak lebih halus, lebih panjang, dan menjadikan kapas jarang ada sambungan kapas dalam pilinannya.

2. Cotton carded

Cotton carded adalah bahan yang proses pemilahan benangnya dengan cara carding atau digaruk, sehingga hasilnya tak sehalus combed, tampak sedikit kasar, hasil rajutan dan penampilan bahannya kurang rata. Harga cotton carded relatif lebih murah dibandingkan dengan cotton combed. Jenis bahan ini umumnya digunakan untuk bahan kaos seragam pabrik atau seragam olahraga.

 

Carded-VS-Combed

Polyester & PE

Polyester merupakan jenis bahan yang terbuat dari serat sintetis atau buatan (dari hasil minyak bumi) untuk dibuat bahan berupa serat fiber poly yang digunakan untuk produk plastik berupa biji plastik. Dibandingkan katun, kain jenis ini lebih tipis, sedikit kasar, tidak menyerap keringat dan terasa sangat gerah ketika dikenakan.

TC (TETERON COTTON)

Teteron Cotton merupakan campuran dari 35% cotton combed dan 65% polyester. Bahan TC ini sama seperti PE, tidak menyerap keringat dan gerah ketika dikenakan. Namun bahan ini lebih tahan kusut dan tidak mudah melar meski sering dipakai.

 

bahan-TC

VISCOSE

Viscose lebih umum disebut bahan rayon, yakni bahan serat sintesa celulosa organic (buatan manusia) yang biasa digunakan sebagai bahan kain. memiliki tekstur yang hampir mirip dengan tekstur kapas. viscose biasanya digunakan untuk menambah kenyamanan pada serat sintetis dan juga menambah kecerahan warna. Serat Viscose memiliki tahanan kelembapan yang lebih tinggi, cemerlang warna yang lebih baik dan lebih lembut dari kapas. oleh karena itu harga jenis bahan ini lebih mahal dan jarang ada di pasaran.

CVC (COTTON VISCOSE)

CVC adalah hasil dari campuran 55% cotton combed dan 45% Viscose. kelebihan dari bahan ini adalah tingkat shrinkage-nya (susut pola) lebih kecil dari bahan cotton. Jenis bahan ini juga dapat menyerap keringat.

 

CVC

HYGET

Bahan hyget terbuat dari bahan plastik dan sangat tipis jadi tak heran jika harga bahan ini sangatlah murah. Bahan ini dapat dikatakan kurang nyaman saat dikenakan. Umumnya bahan Hyget digunakan pada pembuatan kaos murah dengan jumlah yang sangat banyak seperti untuk keperluan kampanye partai politik.

Itulah beberapa jenis bahan kaos yang umum digunakan. kenali dan pilihlah bahan kaos yang menurut anda nyaman dan cocok untuk kebutuhan anda.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here