MotoGP Indonesia Siap Menjadi Tuan Rumah

0
186
indonesia siap jadi tuan rumah motoGP

Indonesia sempat di gadang gadang bakal menjadi tuan tumah MotoGP. Wacana tersebut sudah muncul sejak beberapa tahun lalu. Sentul dan Palembang sempat menjadi kandidat tempat pelaksanaan MotoGP Indonesia walau akhirnya yang dipilih sebagai tempat pelaksanaan adalah Mandalika, di Lombok Nusa Tenggara Barat.

Sirkuit Mandalika sendiri baru akan dibangun pada bulan Oktober mendatang karena agenda MotoGP yang dilaksanakan di Indonesia ini akan terlaksana pada musim balap tahun 2020.

Baca Juga : Bude Sumiyati Kini Go International Hingga Korea!

MotoGP Indonesia – mengapa Sirkuit Mandalika yang dipilih?

Sirkuit Sentul pada awalnya sempat digadang – gadang akan menjadi tempat pelaksanaan untuk menggelar MotoGP Indonesia. Trek yang terletak tak jauh dari Jakarta itu terbilang berpengalaman, track record sirkuit Sentul juga bagus karena pernah menggelar GP 500 cc di pertenghana 1990-am dan melangsungkan beberapa event balap international lainya.

Tapi sirkuit Sentul terkendala dengan sarana pendukung, lintasan tersebut dinilai butuh banyak upgrade untuk bisa digunakan dalam acara MotoGP. Alhasil sirkuit Sentul tidak dipilih lalu sempat muncul juga Palembang sebagai kandidat tuan rumah MotoGP Indonesia.

Baca Juga : Fakta Menarik Satelit Nusantara Satu Milik Indonesia!

Palembang malah sempat dikabarkan sudah mengontrak Hermann Tilke untuk mendesain sirkuit. Tilke adalah desainer sirkuit ternama yang pernah merancang sirkuit balap international lainya seperti sirkuit jepang, tren jalan raya Marina Bay di singapura dan sirkuit Yas Marina.

Lintasan balap tersebut rencananya memang akan dibangun di dalam kompleks Jakabaring Sport City (JSC). Sekretaris PT JSC, Mirza Zulkarnain Mursalin, pada pertengahan 2018 sempat menyebut pembangunan sirkuit akan dimulai pada 2019. Namun lokasi tersebut dipastikan tidak akan menjadi tuan rumah MotoGP Indonesia.

Baca Juga : Gili Iyang, Icon Kesehatan Wisata Sumenep!

Karena pertimbangan lain, akhirnya Mandalika yang dipilih untuk menjadi sirkuit balap MotoGP tahun 2020 mendatang. Rencanaya sirkuit Mandalika akan menggunakan sirkuit jalan raya. Sirkuit tersebut memiliki satu lintasan lurus dan terdiri dari 18 tikungan belum diketahui apakah arah putaran sama dengan jarum jam atau justru berkebalikan

Semoga Mandalika dapat memberikan kesan bahwa Indonesia juga layak bersaing dalam hal balapan di kancah International. Mari kita dukung juga pembalap Indonesia yang nantinya akan ikut serta bersaing di MotoGP musim balap tahun 2020 nanti!

loading...