Gili Iyang, Icon Wisata Kesehatan Sumenep

0
101
Gili Iyang, Icon Wisata Kesehatan Sumenep

Gili Iyang, iconĀ wisata kesehatan, secara administratif masuk dalam Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep di Pulau Madura. Pulau Madura memiliki beberapa potensi daerah dengan potensi wisata unggulan. Salah satunya adalah potensi wisata di Kabupaten Sumenep.

Baca juga: Surabaya Health Season (SHS)

Kabupaten Sumenep sebagai Soul of Java memiliki pulau paling banyak di Provinsi Jawa Timur. Tercatat ada 126 pulau di Kabupaten Sumenep. Jarak Kabupaten Sumenep dari Kota Surabaya kurang lebih 148 kilometer. Kabupaten Sumenep memiliki potensi wisata yang sangat beragam, mulai dari wisata alam, religi, sejarah, kuliner hingga kesehatan.  

Sebagai Wisata Kesehatan

Pemerintah Kabupaten Sumenep menetapkan Gili Iyang menjadi icon wisata kesehatan Kabupaten Sumenep sejak tahun 2015. Hal ini berdasarkan penelitian Lapan dan Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Jawa Timur yang menyatakan bahwa kandungan oksigen di Gili Iyang sebesar 21,05 persen. Penelitian tersebut membuktikan bahwa Gili Iyang memiliki kandungan oksigen tertinggi kedua di dunia setelah Yordania.

Kadar oksigen yang tinggi membuat para penduduknya awet muda. Pantas saja, para penduduk asli Gili Iyang rata-rata berusia hingga seratus tahun lebih! Sahabat Pagi bisa berkunjung ke Desa Bancamara untuk mendapatkan kualitas oksigen terbaik.

Baca juga: Yuk, Explore Tempat Wisata di Bangkalan!

Tidak hanya itu, potensi wisata kesehatan yang lainnya yaitu ramuan jamu khas Madura dan terapi di kasur pasir yang berada di Desa Legung Timur Batang. Paket wisata tersebut sudah sesuai wisata kesehatan yang pernah dicanangkan oleh Menteri Pariwisata dengan Menteri Kesehatan yaitu adanya wisata kesehatan spa. Wisata tersebut berbasis jamu dan rempah-rempah racikan yang berciri khas Indonesia.

Destinasi Lainnya

Tidak hanya wisata kesehatan, di Sumenep terdapat beberapa goa dan pantai yang dipenuhi batu karang, yang dapat dikunjungi di sekitar Gili Iyang. Ada gua yang memiliki luas hingga delapan ratus meter persegi, ada yang memiliki kedalaman seratus lima puluh meter dan juga ada salah satu gua yang memiliki sumber mata air tawar.

Baca juga: Satelit Nusantara Satu Milik Indonesia. Ini Faktanya

loading...