Tidak Membalas Email di Hari Libur Itu Baik

0
122
email
Sering gak kamu mendapatkan email dari kantor pada hari libur? Atau mungkin, di atas jam kerja? Apakah kamu membalasnya atau memilih mengabaikannya? Kalau jawabannya yang pertama, mungkin kamu harus pikir ulang.
Jika dari awal tidak ada kesepakatan buat membalas email di luar jam kerja, kenapa kamu harus? Ini beberapa alasan kenapa tidak membalas email pekerjaan di hari libur itu baik.

Baca juga: Sejarah Hari Ibu Yang Kelabu? Simak Selengkapnya!

1. Membalas email dan notifikasi kerja di akhir pekan justru akan membuat kita semakin ketagihan pada gadget

Kehadiran smartphone memang bisa membuat kita melakukan apa pun dari satu perangkat. Tapi ingat juga, gara-gara smartphone kita jadi kecanduan. Aktivitas kita dalam sehari tidak ada putusnya dengan gadget. Termasuk soal pekerjaan. Apabila ini dibiarkan, bukankah sudah tidak sehat lagi?

2. Terus-terusan bekerja pada hari libur akan mengganggu mental kita pelan-pelan. Jika dibiarkan, akan berujung pada stress dan anxiety.

Penelitian yang ditulis oleh William Becker (Virginia Tech associate professor), Liuba Belkin (Lehigh University associate professor), Samantha Conroy (Colorado State University associate professor), dan Sarah Tuskey (mahasiswa Ph.D Virginia Tech) menunjukkan jika mengecek email pasca jam kerja itu sangat merusak kesehatan mental. Dari 142 pekerja fulltime dan orang penting lain yang disurvei, ditemukanlah kalau individu yang memeriksa email kerja di luar jam kantor merasakan tingkat kecemasan yang tinggi.

Baca juga: Perayaan Tahun Baru di Magelang Bakal Ada Pesta Kembang Api

3. Kerja tujuh hari penuh juga membunuh hubungan interpersonal kita dengan keluarga, teman, dan kerabat

Ada keluarga yang butuh didengar saat berkeluh kesah, bukannya sibuk utak-atik ponsel sendiri saat yang satunya berbicara. Ada teman juga yang ingin kita datang ke pernikahannya atau sekedar membutuhkan nasihat kita. Ada orang-orang di lingkungan tinggal kita juga yang ingin kita bersosialisasi dan ikut urun rembug dalam kemajuan kompleks. Jadi, hidup kita gak cuma kerjaan kan?

4. Ingat! Selain mental, kesehatan fisik juga gak kalah penting! Tanpa sehat, kamu gak mungkin bisa bekerja dengan hasil yang baik

Siapa yang bisa kerja kalau badannya lemas atau bolak-balik bersin saja? Itulah kenapa kamu jangan terus mengecek emailmu di hari libur. Bekerja itu perlu tenaga. Kalau tenaga diforsir, kamu gak akan memberikan hasil yang baik. Sia-sia saja bukan?

Baca juga: Hal Sederhana Untuk Merayakan Hari Ibu

Intinya, kesehatan mental dan fisikmu tetap harus dijaga agar bisa bekerja secara maksimal lagi. Jika atasanmu masih bersikeras, bukankah kamu punya hak untuk menjelaskannya?

loading...