Menyederhanakan Hidup? Bisa Kok!

0
71
sederhana

Semakin bertambahnya umur seseorang, bukan hal yang aneh jika tiba-tiba hidup menjadi lebih rumit dan seakan banyak masalah. Banyak faktor menjadi pemicu hal ini, seperti bertambahnya tanggung jawab, yang harus diurus mandiri dan tanpa melibatkan orang lain. Setelah itu, timbul keluhan dan pertanyaan tentang bagaimana cara mengurangi kerumitan yang dihadapi sehari-hari. Tidak perlu risau, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan dalam keseharian Anda. Bisa dikatakan, menyederhanakan hidup dari kerumitan. Apa saja?

Jaga Rumah tetap Rapih dan Bersih

Bukan perkara membersihkan rumah dari debu saja. Ini adalah hal yang lebih dari itu. Usahakan hanya menyimpan barang yang memang berguna untuk Anda dan keluarga. Selain menciptakan lebih banyak ruang, ini akan mempermudah menjaga rumah Anda tetap rapih dan bersih. Buat kebiasaan harian untuk meletakkan barang ke tempat semula setiap selesai berkegiatan. Jika Anda sudah berkeluarga, jangan lupa ajarkan anak Anda untuk bertanggung jawab pada barang mereka, misalnya menata kembali mainan ke tempat semula, setelah selesai bermain. 

Baca juga: Mengalami Quarter Life Crisis? Tenang, Masih Banyak Hal yang Bisa Dilakukan

Brain Dump

Bersih-bersih pikiran atau yang biasa disebut brain dump ternyata sangat berperan untuk menyederhanakan hidup sehari-hari. Brain dump bisa dilakukan dengan menuliskan apapun yang sedang Anda pikirkan ke dalam sebuah kertas. Bisa juga memanfaatkan kecanggihan teknologi yakni menulis pada smartphone Anda. Teknik ini bisa membantu Anda memahami mana saja hal-hal yang menjadi prioritas untuk segera dieksekusi, dan mana yang masuk daftar perencanaan. Selain itu, menuliskan apa yang sedang Anda pikirkan dalam secarik kertas bisa membuat Anda menjernihkan pikiran sehingga lebih mudah menentukan langkah apa yang akan dilakukan selanjutnya.

Rutin Merencanakan Konsumsi

Hal ini sangat berhubungan erat dengan Anda yang ingin berhemat dalam segi keuangan. Menyiapkan perencanaan konsumsi yang biasanya dilakukan mingguan nyatanya akan sangat memudahkan Anda ke depannya. Selain hemat uang, Anda juga hemat waktu yang biasanya dihabiskan untuk memikirkan “enaknya makan apa?” di hari tertentu. Tidak perlu terburu-buru, Anda bisa berproses dengan merencanakan selang waktu 3 hari ke depan dibandingkan mingguan, sebagai permulaan. Dengan melakukan hal ini, Anda juga ikut berkontribusi dalam pengurangan food waste yang makin hari kian memprihatinkan.

Baca juga: Mantra Bodo Amat Demi Hidup yang Minim Drama

Berdamai dengan Ekspektasi

Banyak orang tidak mengetahui bahwa ekspektasi yang kelewat batas akan tumbuh menjadi obsesi yang tidak berujung. Hal ini bukannya menguntungkan, malahan akan membahayakan dan merepotkan diri sendiri. Untuk itu, berdamai dengan ekspektasi menjadi sangat perlu. Sadari seberapa besar kemampuan Anda, dan bersikaplah realistis. Fokus pada prioritas dan sadari batas diri Anda. Ini akan membantu Anda mengurangi stress berlebih yang sering timbul akibat terlalu tingginya harapan alias ekspektasi, yang tidak dibarengi dengan kemampuan diri sendiri mencapai ekspektasi tersebut.

Kesehatan Tubuh dan Mental

Temukan cara sederhana dan realistis untuk menunjang kesehatan baik tubuh maupun mental Anda. Anda suka kegiatan luar ruangan? Maka pilihlah bersepeda ataupun lari pagi untuk aktivitas olahraga harian. Tidak suka kegiatan outdoor? Tambahkan Yoga ataupun zumba ke dalam jadwal harian Anda. Meditasi juga bisa menjadi opsi yang pas untuk menunjang kesehatan mental. Hanya cari tempat yang nyaman, tarik napas dalam-dalam, dan Anda pun siap untuk bermeditasi

loading...