Ritual Sederhana Penunjang Kualitas Tidur Baik

0
467

Memiliki kualitas tidur yang baik adalah dambaan setiap orang. Sedihnya, tidak semua orang bisa merasakannya. Tidur yang bertujuan untuk mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas seharian memang terkesan gampang dan sederhana. Namun, banyak juga kasus dimana seseorang tidak bisa memejamkan mata. Walaupun sudah capai sampai ke tulang. Karena inilah jam tidur mereka terganggu dan akhirnya kualitas tidur mereka juga buruk. Menjalani hari esoknya pun terasa selalu letih dan tidak bersemangat. Jika Anda sedang mengalami hal demikian, maka sudah saatnya kamu menciptakan sebuah ritual.

Ritual ini bukan hal ribet. Penasaran? Yuk langsung simak ritual sederhana yang bisa meningkatkan kualitas tidur Anda!

Suhu ruangan sesuai

Suhu kamar yang direkomendasikan adalah sekitar 15,5°C – 19,4°C. Sesuaikan suhu kamar Anda sehingga mendekati angka tersebut untuk kenyamanan tidur. Suhu yang terlalu dingin ataupun panas bisa membuat Anda terbangun di malam hari. Masalahnya, tidak semua orang bisa tertidur lagi setelah terbangun. Nah, jika Sahabat Pagi termasuk di dalamnya, coba untuk menyesuaikan suhu kamarmu ya.

Baca Juga:  Observasi Gerakan Mata dan Cara Membacanya

Investasi demi kenyamanan

Yang namanya investasi memang erat kaitannya dengan masa depan dong ya. Termasuk investasi dalam hal satu ini. Pilih alat pendukung tidur dengan kualitas yang layak dan baik. Contohnya pemilihan tempat tidur, sprei, dan bantal. Hal-hal tersebut adalah investasi terbaik untuk mendukung kualitas posisi tidur yang baik dan natural.

Meditasi

Ada banyak metode meditasi yang sudah tersebar di dunia maya. Salah satu yang paling populer untuk membantu tidur supaya lebih cepat adalah meditasi dengan suara-suara tertentu. Suara seperti ombak, hujan rintik-rintik, atau angin semilir adalah beberapa diantaranya. Suara tersebut oleh otak kita dimasukkan dalam kategori suara ‘bukan ancaman’. Ini artinya dengan mendengarkan suara tersebut, badan kita akan segera rileks dan lebih cepat tertidur.

Teknik pernapasan 4-7-8

Teknik ini diprakarsai oleh Andrew Weil, seorang dokter berkebangsaan Amerika yang menganjurkan pengobatan alternatif. Dokter Andrew menganjurkan orang-orang untuk latihan pernapasan 4-7-8 agar merasakan sensasi relaksasi batin secara mendalam. Caranya adalah, menarik napas terlebih dahulu selama 4 detik, kemudian tahan selama 7 detik, dan akhirnya keluarkan napas selama 8 detik. Ulangi proses tersebut empat kali berturut-turut. Percobaan pertama memang tidak menimbulkan efek apapun. Namun, teruslah mencoba sampai merasakan manfaat sebenarnya.

Coba pratik dan komen hasilnya di kolom komentar ya, Sahabat Pagi!

loading...