Kekhasan Upacara Kemerdekaan. Kamu Masih Ingat?

0
61
HUT RI ke-73
Sumber : liputan6.com

Tujuh Belas Agustus menjadi kebanggan masyarakat Indonesia. Indonesia menjadi bangsa yang kuat hasil dari kerja keras pahlawan gugur dimedan perang. Hal utama yang tidak boleh ditinggalkan tentunya Upacara Bendera Hari Kemerdekaan RI.  Tapi, buat kamu yang sudah lama tidak mengikuti upacara 17-an ini apa masih ingat dengan suasana dan tata caranya?.
Baca Juga : Beauty Influencer Jovi Adhiguna

  1. Pembacaan Proklamasi

    HUT RI 73
    Sumber : soekarnonkri.blogspot.com

    Mengikuti pembina upara mengucapkan lima butir pancasila adalah hal yang wajar disetiap kesempatan upacara. Namun, pembacaan proklamasi lain lagi nih. Karena, hanya khusus dibacakan saat upacara 17 Agustus saja. Selain itu, di beberapa tempat tertentu pembacaan didahului dengan bunyi meriam dan tembakan untuk mengenang suasana perlawanan terhadap penjajah dan detik-detik proklamasi.

  2. Pasukan Pengibar Bendera
    HUT RI 73
    Sumber : hariansinggalang.com
    HUT RI 73
    Sumber : nasional.kompas.com

    Siapa yang setuju nih kalau upacara kemerdekaan paling asik melihat atraksi dari pasukan pengibar benderanya?. Tatanan baris yang rapi dan formasi yang bagus membuat siapa saja pasti terpana. Proses latihan mereka yang panjang patut diapresiasi loh, karena mereka memegang kunci kelancaran upacara.

  3. Paduan Suara dan Lagu Wajib
    HUT RI 73
    Sumber ; surabayaonline.com

    Seperti halnya dengan tim pengibar bendera, maka tim paduan suara juga tidak kalah penting. Menyanyikan lagu 17 Agustus dan lagu nasional lainnya tidak akan meriah dan bergema indah tanpa mereka.
    Baca Juga : Kontes Mini Video Studiostar7

  4. Marching Band
    HUT RI 73
    Sumber : merahputih.com
    HUT RI 73
    Sumber : dreamstime.com

    Dalam memeriahkan suasana kemerdekaan, tidak cukup rasanya jika tidak ada kelompok marching band didalamnya. Tabuham dan alunan lagu yang sangat harmonis.

  5. Teater Perjuangan Pahlawan
    HUT RI 73
    Sumber : dispar.kutaikertanegarakab.go.id
    HUT RI 73
    Sumber : antarafoto.com

    Sebelum penutupan upacara ditempat-tempat tertentu seperti kantor gubernur atau upacraa dipusat istana presiden diselingi dengan teater yang mengisahkan tentang perjuangan pahlawan. Aksi ini dimainkan dengan penuh penjiwaan untuk menimbulkan rasa haru dan semangat berkobar dihati penontonnya.

    Gimana nih udah kangen ikut upacara lagi gak nih?. Selamat Hari Kemerdekaan ke 73 untuk kita semua!. MERDEKA!.
    Baca Juga : Tips dan Trik Rambut Indah

loading...