6 Tips dan Trik Memiliki Rambut Indah

0
51
6 Tips dan Trik Memiliki Rambut Indah

Asik ya punya rambut indah yang bersinar, sehat, dan nggak sehat. Tapi, kalau kamu cenderung menggunakan alat-alat styling rambut seperti pengeriting maupun catok; ataupun gonta-ganti warna rambut, tentu saja punya rambut indah ala Anggun di iklan sampo hanyalah mimpi. Namun, sebenernya, ada 6 tips dan trik memiliki rambut indah : sehatnya kutikula (lapisan paling luar) dari rambut kamu.

6 Tips dan Trik Memiliki Rambut Indah
Sumber : Elle

Steven Picciano, pakar rambut dari perusahaan produk-produk rambut terkenal, Goldwell, bilang kalau rambut kita itu mirip sirapnya atap. Jadi, kalau semua lapisan rambut kamu itu halus dari akar sampai ujungnya, disitulah rambut kamu terlihat dan terasa halus, dan juga memantulkan cahaya paling banyak. Nah, beginilah tipsnya.

 

#1 Ternyata keramas itu kuncinya

6 Tips dan Trik Memiliki Rambut Indah
Sumber : Tumblr

Kalau biasanya kita keramas, kita sering menumpuk rambut kita di atas kepala, dan mencuci rambut kita sampai bawah. Nah, teknik ini malah membuat rambutmu kering dan juga membuat kering ujung-ujung rambutmu, loh! Apalagi, ujung rambut itu rawan kekurangan kelembaban; terutama bagi kamu yang punya rambut keriting alami. Lah, kenapa bisa begitu? Menurut Picciano, untuk orang-orang yang memiliki rambut lurus alami, minyak dari kulit kepala bisa ke ujung rambut secara cepat karena gravitasi yang menarik minyak tersebut. Sedangkan untuk rambut keriting alami, minyak rambut baru sampai ke ujungnya dengan proses yang berbelit-belit alias mengikuti bentuk rambut kamu. Jadinya, minyaknya lama deh sampai ke ujung rambut kamu.

 

Dengan begini, kalau kamu berambut keriting, kamu nggak perlu untuk keramas sering-sering. Kalau saatnya keramas, ganti sampo kamu dengan sampo berkondisioner untuk menjaga minyak-minyak alami di rambut kamu.

 

#2 Gunakan sisir bergerigi saat rambutmu basah, dan gunakan sisir sikat saat rambutmu kering

6 Tips dan Trik Memiliki Rambut Indah
Sisir bergerigi. Sumber : Ebay

Perlu banget loh untuk menyisir rambut secara lembut. Dan jangan lupa untuk memperhatikan sisir yang kamu gunakan. Nah, saat rambut kamu basah, perlu untuk menyisir rambut kamu dengan sisir bergerigi. Kalau kamu menggunakan sisir sikat saat basah dan kamu mendengar suara dari rambutmu saat menguraikan kusutnya, nah itu sebenarnya suara dari rambutmu yang “robek” loh. Jadi bukan menghaluskan kutikulanya, malah merusak lapisan paling luar tuh.

6 Tips dan Trik Memiliki Rambut Indah
Sisir Sikat. Sumber : Harper’s Bazaar

Saat rambutmu kering, gunakan sisir sikat. Nah ini yang penting : kalau rambutmu kusut, urai rambut kusut kamu dengan menyisir dari ujung baru ke tengah sampai akar, bukan dari akar ke bawah – malah bener-bener ngerusak rambut kamu tuh.

 

#3 Keringkan rambut dengan kaos, bukan handuk

Jadi, kebiasaan mengeringkan rambut dengan handuk itu malah membuat rambut kita benar-benar rusak. Yakni, kutikula rambut kamu malah berkumpul jadi satu dan malah bikin kusut, jadinya malah banyak yang melayang gitu deh rambut kamu.

6 Tips dan Trik Memiliki Rambut Indah

Oke, jadi, biar rambutmu seindah iklan sampo, udah ganti aja pakai kaos dengan bahan halus ya. Kalau mengeringkan, jangan digosok, tapi bungkus rambut kamu dengan kaos dan peras rambut kamu sampai keluar airnya dari atas sampai ujung. Jangan lupa : pelan-pelan!

 

#4 Tidur menggunakan sarung bantal sutra

6 Tips dan Trik Memiliki Rambut Indah
Sumber : Oosilk

Ini memang tips yang paling klise sih. Tapi, berguna banget. Soalnya, kalau kamu tidur dengan sarung bantal katun biasa, bisa-bisa kamu bangun dengan rambut kusut dan banyak helai rambutmu yang berterbangan. Dengan mengganti ke sarung bantal sutra, rambut kamu dijamin akan lembut. Biasanya, sarung bantal katun akan menyerap kelembaban rambutmu. Kalau sarung bantal sutra maupun satin, mereka nggak akan menyerap kok.

 

#5 Setelah blow dry rambut, kasih sedikit air dingin di rambut kamu

6 Tips dan Trik Memiliki Rambut Indah

Memang sih agak memakan waktu, tapi setelah blow dry rambut kamu, kasih sedikit air dingin di rambut kamu. Ini karena air dingin tersebut akan mengunci volume rambut kamu, arah gaya rambut kamu, dan tentu saja, untuk menutup kutikula. Caranya, hanya tinggal sisir rambut kamu dengan jari yang sudah basah dengan air dingin. Gampang, kan?

 

#6 Diet kamu berpengaruh loh!

6 Tips dan Trik Memiliki Rambut Indah
Sumber : Ella Grace Denton

Untuk memiliki rambut yang indah, kandungan dalam diet kamu juga penting, apalagi minyak. Jadi kayak lemak-lemak sehat itu bagus loh buat rambut kamu. Makannya, kacang-kacangan, alpukat, salmon, itu penting loh. Suplemen Omega 3 itu juga penting, kok. Jangan lupa imbangi dengan meminum air mineral yang banyak biar rambutmu nggak kering, ya!

 

Baca juga :

loading...