Komunitas Bebek Jahat 90, Apanya yang Jahat?

0
361

Komunitas Bebek Jahat 90 mungkin masih terdengar asing di telinga Sahabat Pagi. Pasalnya, komunitas ini belum genap berusia setahun sejak berdiri sekitar bulan Juni 2019 lalu. Nah, sebenarnya apa sih Komunitas Bebek Jahat 90 itu?

Komunitas Bebek Jahat 90

Komunitas Bebek Jahat 90 adalah sebuah perkumpulan untuk orang-orang yang memiliki koleksi motor bebek yang beraliran custom atau pun classic. Sebutan “jahat” sendiri mengarah pada harga mesin motor yang terbilang mahal mencapai belasan juta rupiah.

Rizal (20 tahun) sebagai salah satu penggagas berdirinya komunitas ini bercerita jika sekarang anggotanya sudah mencapai lebih dari 50 orang. Mayoritas berasal dari wilayah Surabaya dan Sidoarjo yang dipersatukan berkat koleksi motor bebek 90-an.

Saat ditanya mengenai alasan membuat komunitas, Yusuf (25 tahun) menjelaskan jika niat awal membuat komunitas ini adalah menyatukan orang-orang yang sehobi. “Alasannya ya biar makin kompak. Anak-anak yang sehobi biar ada kegiatan yang positif bisa dengan riding dan kumpul-kumpul. Barangkali ada link-link yang punya usaha atau generasi muda berbakat,” kata salah satu penggagas komunitas Bebek Jahat 90 itu.

Meski tergolong komunitas yang baru berdiri, Bebek Jahat 90 mendapatkan undangan untuk meramaikan Friday On Wheels pada 27 Juli 2019 lalu di Waroeng Frontej.

Komunitas Bebek Jahat 90

Baca juga: Friday On Wheels, Ajang Kumpulnya Penghobi Otomatif di Surabaya

Habiskan 3,5 Juta Untuk Modifikasi Motor Bebek

Motor Astea 800 yang dipajang di depan panggung Friday on wheels ini adalah milik Abil (20 tahun). Pemuda yang berasal dari Sidoarjo itu mengaku sudah mengeluarkan uang lebih dari 3,5 juta untuk memodifikasi motornya itu menjadi sedemikian rupa.

“Dulu dapatnya jelek karena udah nggak kepakek dari Omku. Didiamkan digudang 10 tahun. Dari situ saya mikir kayaknya motornya masih bisa diangkut. Dan sekarang omku kaget karena motornya jadi bagus kayak gini,” cerita Abil tentang asal muasal Motor Astea 800 berwarna merah itu.

Baca juga: Waktu Terbaik untuk Ganti Sparepart Motor

Menyoal biaya untuk memperbaiki dan merawat tergolong tidak murah. “Kalau biaya, yang kehitung baru 3,5 juta, sisanya nggak tau” kata Abil. Secara performa pun juga masih oke karena terus dirawat. “Kemarin bisa sampai 90 km/jam. Nggak kalah pokoknya,” ungkap Abil. Meskipun belum berencana menjual motor tersebut, namun sudah pernah ada yang menawarnya seharga 15 juta.

Komunitas ini membuka kesempatan bila ingin bergabung dengan komunitas ini. Caranya, cukup DM di akun instagram @bebekjahat.sub. Pihak admin akan melakukan seleksi terlebih dahulu sebelum dimasukkan dalam grup Line. Tenang, komunitas ini tidak dipungut biaya apapun. Bila ada, mungkin sebatas iuran pembuatan banner atau pembuatan stiker saja.

Baca juga: Mau Warna Cat Velg Motor Awet? Begini Caranya

Menyoal komunitas menjadi menarik untuk dibahas. Sesungguhnya, kenikmatan dari bergabung komunitas terletak pertemuan dengan orang yang se-frekuensi (sehobi) dengan penuh kesukarelaan. Di komunitas, semua adalah anggota.

loading...