Kopi Turki, Seni Memasak Secangkir Kopi dengan Pasir Panas

0
396
kopi turki
iStockPhoto

Segelas cangkir kopi tentu bisa membawa sebuah suasana menjadi lebih hangat dan akrab. Minuman yang satu ini memang digandrungi oleh banyak lapisan masyarakat. Bentuknya pun beragam, ada yang disajikan dalam gelas dengan es batu dan susu, ada juga yang murni kopi hitam yang pekat. Eh, tapi ada lagi jenis kopi yang sangat menarik, terutama dari cara penyajiannya yang bikin penasaran, sebut saja Kopi Turki.

Banyak penikmat kopi yang sering dibuat penasaran dengan kejutan yang diberikan oleh secangkir kopi. Terutama bagi kalian penikmat minuman berkafein, secangkir kopi akan menentukan penilaian tentang baik buruknya memulai hari. Jadi, kudu presisi banget untuk menyeruput kopi yang nikmat dan unik.

Baca Juga : Mengenali Kelainan Tulang Belakang Yang Bernama Skoliosis

Salah satu jenis kopi yang membuat penikmatnya terkagum-kagum adalah Turkish Coffee. Mengapa begitu? Jawabannya tentu ada di cara penyajiannya yang sangat berbeda dengan yang biasa dilihat di Indonesia maupun di Negara Barat.

Menyajikan Secangkir Kopi Turki yang Nikmat

Umumnya, kopi disajikan dari sejumlah biji kopi yang akan dihaluskan menjadi bubuk, kemudian bubuk tersebut akan diseduh dengan air panas. Nah, Turkish Coffee pun sebenarnya tidak jauh berbeda, hanya saja ada beberapa alat yang menjadikan kopi tersebut unik. Turkish Coffee membutuhkan alat yang bernama cevze, yaitu berupa cangkir tembaga dengan gagang kayu, dan wadah berisi pasir panas.

Proses membuatnya pun tidak sulit, campurkan bubuk kopi halus, dan gula ke dalam cevze. Setelah itu, bisa ditambahkan dengan air panas, hingga tinggi airnya mendekati setengah cevze. Kemudian, aduk semuanya dengan lembut agar merata. Setelah teraduk sempurna, celupkan cevze ke dalam pasir panas. Aduk pasir panas dengan cevze hingga kopi tersebut terlihat berbuih. Angkat cevze dari wadah pasir selama 20 detik, kemudian celupkan lagi ke pasir panas hingga dua atau tiga kali. Namun, tetap waspada jangan sampai kopi kalian mendidih ya.

kopi turki
Foto oleh Adrea Kristatiani

Perbedaan yang paling mendasar yang bisa dirasakan dari secangkir kopi turki ini adalah buihnya yang banyak. Turki sangat menyenangi kopi yang berbuih, jadi jangan heran saat melihat kopi turki ini permukaannya nyaris dikerumuni oleh buih. Ciri khas dari secangkir kopi Turki adalah aromanya yang kuat, dan rasanya yang kental namun tetap nikmat.

Baca Juga : Valentine Makin Bermakna Dengan Membuat Silky Pudding Coklat

Untuk menikmati kopi turki ini kalian bisa menggunakan kopi robusta maupun kopi khas Turki. Sebenarnya, ada banyak cara untuk menikmati kopi Turki ini, misalnya dengan menambahkan rempah-rempah seperti kapulaga, krimer, ataupun susu.

Tentu secangkir kopi yang dipanaskan dengan pasir ini bisa menjadi sebuah pengalaman baru bagi kalian penikmat kopi. Beruntungnya di Kota Surabaya ini kalian bisa langsung meluncur ke Rumah Rendjana, spesialis kopi Turki di Kota Pahlawan.

kopi turki
Foto oleh Adrea Kristatiani

Akhir kata, have a good sip of a good Turkish Coffee, folks!

loading...