Kulit Berminyak dan Jerawatan? Atasi dengan 5 Cara Ini

0
325

Kulit berminyak dan jerawatan seringkali membuat Anda resah. Apalagi jika ada pesta atau kondangan, ingin merias wajah tetapi takut akan semakin memperparah kulit Anda. Ditambah jika berpanas-panasan di bawah terik matahari, semakin membuat Anda tidak nyaman.  

Kulit berminyak sendiri disebabkan oleh produksi sebum yang berlebih. Sebum ini yang menyebabkan kulit Anda berminyak dan membuat jerawat bermunculan akibat pori-pori tersumbat dan berkomedo.

Namun, Sahahabt Inspirasi Pagi tak perlu menganggap sebum sebagai musuh kulit berminyak. Nyatanya sebum bermanfaat untuk melembapkan kulit.  Anda hanya perlu memperhatikan cara mengatasinya adar sebum terkontrol dan kelembapan kulit tetap terjaga.

Nah, bagaimana cara atasi kulit berminyak dan jerawatan dengan benar. Simak informasi berikut.

Wajib Cuci Muka

Memiliki kulit berminyak wajib hukumnya untuk mencuci wajah secara rutin. Sahabat Inspirasi Pagi bisa mencuci wajah saat pagi dan sore hari, atau setelah melakukan olahraga dan berkegiatan di luar rumah. Pastikan Anda menghindari sabun wajah dengan kandungan terlalu kuat agar tidak menyebakan kulit kering. Gunakan sabun cuci muka dengan kandungan yang lembut seperti extract aloe vera, collagen, dan black tea.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan handuk khusus wajah yang bertekstur lembut. Cara mengeringkan wajah juga hanya perlu ditepuk-tepuk saja. Tak perlu dengan gerakan menarik karena dapat mendorong kulit  untuk memproduksi sebum berlebih.

Gunakan Toner

langkah berikutnya adalah menggunakan toner. Pemilik wajah berminyak bisa menggunakan toner yang mengandung alkohol. Akan tetapi jika Anda memiliki wajah kombinasi, ada baiknya menghindari  toner tanpa kandungan alkohol. Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan air mawar atau toner yang memiliki kandungan witch hazel  yang mampu menennagkan kulit.

Gunakan Pelembap

Kebanyakan orang berpikir jika memiliki kulit berminyak dan jerawatan harus menghindari pelembap. Apalagi pelembap dapat membuat wajRahasiaah terlihat lebih berminyak. Padahal dengan pelembap bisa bermanfaat bagi kulit berminyak. Namun, kembali Anda harus memilih jenis pelembap yang digunakan. Pilihlah pelembap yang tak memiliki kandungan minyak agar berguna menjaga kulit lembap tanpa terasa berminyak.

Baca Juga: Manfaat Susu Beruang untuk Kecantikan

Jangan Lupa Menggunakan sunscreen

Sunscreen merupakan langkah yang tak boleh dilewatkan. Penggunaan sunscreen ini dapat membantu mencegah kulit keriput dan flek hitam.  Selain itu, Anda bisa memilih sunscreen yang mengandung zinc oxide dan titanium dioksida agar mencegah timbulnya jerawat. Lebih baik Anda menhindari sunscreen yang mengandung wewangian dan mengandung minyak. Pilih sunscreen dengan SPF 30 untuk digunakan secara rutin sebelum beraktivitas di luar rumah.

Baca Juga: 7 Tipe Pembersih Wajah ini Mana yang Cocok Untukmu?

Rutin Memakai Masker Wajah dan Eksfoliasi

Menggunakan masker wajah seperti masker lumpur secara rutin juga dapat membantu mengurangi minyak dan jerawat.  Anda juga bisa menggunakan bahan alami seperti madu dan oatmeal. Penggunaan kedua bahan alami ini dapat membantu mengurangi produksi minyak. Tentunya dapat melembutkan kulit wajah pula.

Selain itu, Anda harus rutin melakukan eksfoliasi. Cara ini berguna untuk meghilangkan sel-sel kulit mati dan mengecilkan ukuran pori-pori kulit wajah. Tak hanya itu, eksfoliasi membantu mengurangi jerawat.

Dari semua hal di atas, pastikan untuk tak menyentuh wajah. Kebiasan menyentuh wajah dapat menyebarkan kotoran dan minyak , serta bakteri yang berpindah dari tangan ke wajah Anda.

loading...