Benarkah Mandi Terlalu Lama Bisa Merusak Kulit?

0
85
mandi terlalu lama

Tahukah Anda jika mandi terlalu lama sangat tidak dianjurkan karena bisa mengancam kesehatan kulit? Bagi setiap orang, mandi tentu menjadi rutinitas yang tak boleh terlewatkan. Setiap harinya, warga Indonesia diperkirakan mandi sebanyak 2 hingga 3kali untuk tetap menjaga kesegaran tubuh dari iklim yang tropis. Lebih kompleks, aktivitas mandi juga menjadi hal penting bagi perempuan untuk tetap menjaga kesehatan dan kecantikan kulitnya melalui serangkaian perawatan tertentu yang harus dilakukan. Alhasil waktu mandi perempuan pun cenderung lebih lama dibandingkan laki-laki.

Bahaya Mandi Terlalu Lama Bagi Kesehatan Kulit

Sejatinya, waktu yang ideal untuk mandi bagi kesehatan kulit berkisar antara 5-10 menit. Adapun waktu maksimalnya adalah 15 menit. Lebih dari itu, kelembapan alami kulit Anda bisa menghilang sehingga kulit menjadi kering dan mengkerut.

Mandi Air Hangat vs Mandi Air Dingin

Banyak yang berpendapat jika mandi terlalu lama dengan air hangat jauh lebih berpotensi dalam merusak kulit daripada air dingin. Namun pada kenyataannya, kedua jenis air ini sama berbahayanya jika digunakan terlalu sering dalam jangka waktu yang lama. Bila Anda senang berendam menggunakan air hangat, maka perlu berhati-hati agar jangan sampai kehilangan kelembaban alami kulit Anda. Hal ini terjadi karena suhu air yang diatas suhu normal tubuh Anda, mampu mengikis sel keratinocytes yang terletak pada lapisan teratas kulit yakni epidermis. Sel keratin ini berfungsi untuk melindungi kulit dari kondisi lingkungan yang ekstrim serta memproduksi lapisan tipis dari minyak pada tubuh yang membantu menjaga kelembaban kulit Anda. Jika terkena suhu air yang panas, minyak alami tersebut akan mencair bersama dengan sabun dan lepas dari kulit. Ini lah yang kemudian membuat kulit Anda menjadi kering dan bisa rusak akibat mandi terlalu lama.

Sedangkan jika Anda mandi terlalu lama menggunakan air dingin, pembuluh darah akan menyempit dan bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Mengingat tugas utama pembuluh darah adalah menyalurkan darah yang mengandung oksigen pada seluruh organ dalam tubuh, maka ketika terjadi penyumbatan otomatis aliran sistem kerja organ dalam tubuh akan tergangg. Selain itu penggunaan air dingin untuk mandi, jika terlalu lama juga bisa mengakibatkan hipotermia pada diri Anda, dimana suhu tubuh akan menurun drastis dan susah naik kembali bahkan berdampak pada melemahnya denyut nadi Anda.

Karena itu, baik menggunakan air hangat maupun air dingin, sebaiknya Anda tidak mandi terlalu lama dan memastikan hanya mandi sekitar 5-10 menit agar kulit dan kesehatan tubuh Anda tidak terancam. Disamping itu, perhatikan pula penggunaan kedua jenis air ini berdasarkan waktu yang tepat misalnya air dingin lebih cocok digunakan pada pagi hari dibandingkan malah hari. Selebihnya jika ingin lebih aman, maka mandilah dengan durasi waktu yang tepat menggunakan suhu air normal yang sama seperti suhu badan Anda.

Solusi Kerusakan Kulit Akibat Mandi Terlalu Lama

Untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat mandi terlalu lama, Anda bisa menggunakan beberapa tips mudah berikut. Pertama, gunakan lotion sehabis mandi agar kelembaban kulit tetap terjaga. Kedua, hindari penggunaan sabun secara berlebih pada kulit karena bisa menimbulkan iritasi jika ternyata tidak cocok. Ketiga, gunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan hindari bahan-bahan berbahaya seperti disini. Keempat, Anda harus mulai mengurangi durasi mandi menjadi sekitar 5-10 menit saja agar proses pemulihan kulit bisa berjalan lebih baik. Jika Anda menggunakan lotion, pastikan lotion tersebut mengandung galactomyces juga retinol didalamnya. Seperti Maxine Revival Body Lotion with Retinol yang cocok untuk segala jenis kulit lengkap dengan fungsi galactomycesnya yang mampu melembabkan dan melembutkan kulit kembali. Selain itu kandungan retinolnya mampu membantu memberikan stimulasi pembentukan kolagen yang berfungsi memperbarui serta mengencangkan kulit. Perbaiki juga kerusakan kulit keringmu dengan Maxine Flawless Series yang terdiri dari serangkaian skin care products (Facial wash, Micellar Water, Daily Day Cream, Whitening Night Cream, Translucent Brightening Serum/ Advance Eye Treatment Serum) khusus untuk kulit kering dan sensitif.

Ingin tahu lebih banyak solusi kerusakan kulit akibat mandi terlalu lama? Kunjungi

 

MAXINE AESTHETIC CLINIC

Jl. Raya Mastrip No 175-176  Wiyung, Surabaya

Email : maxineaestetic@gmail.com

Instagram : @maxine_clinic dan @maxineclinic

Fanpage : Maxine Clinic

http://maxine.id/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.