Makna Puasa selain menahan lapar dan dahaga

0
36
makna puasa
source : https://www.google.co.id/

Makna Puasa selain menahan lapar dan dahaga – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi umat muslim di penjuru dunia. Karena pada bulan Ramadhan setiap amal dan ibadah akan dilipat gandakan oleh Tuhan yang Maha Esa. Namun, bulan Ramadhan juga identik dengan Puasa, karena pada bulan Ramadhan setiap umat muslim diwajibkan untuk menahan makan dan minum hingga matahari terbenam selama satu bulan penuh. Tetapi, makna dari berpuasa tak hanya menahan lapar dan dahaga hingga matahari terbenam saja. Lalu apa makna berpuasa yang sebenarnya? Berikut makna-makna Puasa selain menahan lapar dan dahaga.

Menahan diri dari emosi

Pada saat berpuasa, umat muslim tak hanya diwajibkan untuk menahan lapar dan dahaga. Dalam berpuasa umat muslim juga diwajibkan untuk menahan diri dari segala bentuk emosi. Nafsu, emosi dan amarah yang berlebihan ketika berpuasa dapat menyia-nyiakan kegiatan puasa yang sudah dilakukan. Oelh karena itu para umat muslim dianjurkan untuk lebih banyak beribadah serta beramal pada bulan yang suci ini supaya terhindar dari segala bentuk emosi.

Menahan diri untuk tidak bergosip

Nabi Muhammad shalallahu’alaihi Wassalam pernah bersabda, “Hindarilah oleh kalian perbuatan ghibah. Karena ghibah lebih besar dosanya daripada zina. Seseorang terkadang berzina kemudian bertaubat kepada Allah Subhanahu Wata’ala dan diterima taubatnya oleh Allah. Sedang orang yang berbuat ghibah, dia tidak akan diampuni sampai orang yang dia ghibah-i memaafkannya”.[Ihya Ulumiddin, Imam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al Ghazali, jilid 4, hal 411]. Maka dari itu hindari dan berusaha untuk menahan diri untuk tidak bergosip.

Beribadah sebaik mungkin dan siap menyambut malam seribu bulan

Malam seribu bulan atau malam Lailatul Qadar merupakan malam suci yang dinantikan oleh setiap umat islam ketika bulan Ramadhan. Malam kemuliaan ini hanya bisa diperoleh dengan amalan-amalan shaleh seperti berpuasa, tilawah, tadarus Al-Qur’an dan berdzikir. Maka lakukan ibadah sebaik mungkin supaya bisa memperoleh berkah istimewa dari malam Lailatul Qadar.

Bulan Al-Qur’an

Bulan Ramadhan adalah saat diturunkannya kitab suci Al-Qur’an. Nuzulul Qur’an atau malam disampaikannya wahyu kepada nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.

Saatnya beramal

Pada saat bulan Ramadhan, setiap amal serta ibadah umat muslim akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Maka dari itu jangan sia-siakan waktu pada saat Ramadhan untuk selain beramal dan beribadah.

Tak semua umat muslim wajib Berpuasa

Tak semua muslim wajib melaksanakan Puasa. Meskipun Puasa adalah salah satu dari lima rukun islam, Allah SWT memberikan keistimewaan bagi mereka yang sedang sakit, menstruasi, bepergian jauh,kondisi yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan puasa, anak-anak yang belum baligh, ibu hamil dan menyusui. Mereka dapat mengganti Puasa di kemudian hari pada hari-hari yang diperbolehkan untuk melaksanakan Puasa.

Puasa itu menyehatkan

Selain memperoleh pahala dari melaksanakan Puasa, ternyata pada beberapa jurnal kesehatan mencatat bahwa berpuasa juga dapat menyehatkan tubuh terutama pada organ pencernaan. Dikarenakan ketika melaksanakan Puasa, organ-organ pencernaan seperti lambung, usus dan organ pencernaan lainnya dapat beristirahat. Hal ini hampir sama dengan Detoks usus.

Itulah makna-makna Puasa selain menahan lapar dan dahaga. Terus tingkatkan ibadah dan amal untuk memperoleh berkah dan pahala yang berlimpah dari Allah SWT.

Baca artikel inspiratif lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here