Berpuasa Makin Nyaman Dengan Menu Sahur Yang Tepat

0
123

Tak terasa bahwa Bulan Ramadhan telah tiba. Dalam bulan suci ini, umat muslim sedunia tentu memiliki agenda baru setiap harinya, yaitu berpuasa mulai dari matahari terbit sampai terbenam. Tidak lagi ada jadwal makan pagi lagi, melainkan jadwal sahur dan buka puasa. Berpuasa di awal-awal Bulan Ramadhan tentu bisa menjadi agak berat bagi sebagian orang. Apalagi untuk orang-orang yang kurang tepat dalam menyiapkan menu sahur setiap harinya.

Nah, untuk menjaga agar puasanya makin nyaman, kalian perlu tahu beberapa bahan makanan yang baik untuk disantap saat sahur. Menu sahur yang tepat tentu akan meningkatkan kekhusyu’an kalian saat berpuasa. Lengkapilah menu sahur dengan makanan-makanan berikut.

Menu Sahur Dengan Karbohidrat

Bahan makanan yang mengandung karbohidrat tentu sangat diperlukan oleh tubuh saat berpuasa. Masyarakat Indonesia sendiri sudah pasti mengenal sumber karbohidrat yang bernama nasi putih. Namun, ada banyak bahan makanan berkarbohidrat yang jauh lebih sehat ketimbang nasi putih, misalnya nasi merah, oats gandum, hingga kentang. Golongan makanan tersebut dinamakan karbohidrat kompleks. Dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks, tentu tubuh akan merasa kenyang lebih lama dan juga lebih sehat.

Sayuran Dan Buah-Buahan

Saat berpuasa tentu tubuh tetap membutuhkan vitamin, mineral, dan serat yang akan membantu ibadah puasamu menjadi lebih sehat. Kebutuhan-kebutuhan tubuh tersebut bisa dipenuhi melalui konsumsi sayuran dan vitamin. Lebih disarankan lagi untuk banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dengan kadar air lebih banyak.

Misalnya, bayam akan lebih baik diolah menjadi sayur bayam, atau wortel yang diolah menjadi sayur sop. Kemudian, untuk buah-buahan, konsumsi semangka, atau melon juga menjadi pilihan yang tepat karena akan membantu tubuh menghemat cairan tubuh. Jangan lupa untuk menambahkan kurma dalam sahurmu, karena kandungan gula alaminya akan menjaga energi tetap terjaga walau saat berpuasa.

Tambahkan Juga Protein

Menu nasi, sayur, akan menjadi kurang lengkap bila tanpa lauk. Selain membuat menu sahurmu menjadi lebih lezat, lauk juga mneyimpan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh, misalnya protein. Dengan keberadaan protein dalam menu sahurmu, tentu proses metabolisme tubuh serta energi yang dibutuhkan oleh tubuh akan terjaga. Menu-menu seperti telur, daging ayam, sapi, serta ikan akan sangat membantu puasamu lo.

Jangan Lupa Minum Air Putih

Yap, menu terakhir ini memang simpel. Lengkapi menu sahur kalian dengan meneguk air putih. Tidak seperti menu lainnya, menu minuman air putih mampu menjaga tubuh kalian agar tidak dehidrasi. Perlu diingat bahwa setiap harinya tubuh manusia membutuhkan hingga 2 liter air atau delapan gelas air setiap harinya.

Dengan menjaga makanan-makanan yang dikonsumsi saat sahur, berpuasa tidak lagi akan menjadi ibadah yang teramat berat. Kira-kira apa menu sahur kalian nanti malam ya? Selamat berpuasa semuanya.

Baca artikel inspiratif lainnya:

Kamu Vegan? Inilah 10 Sumber Protein Kamu

Jatuh Hati Dengan Menu Vegetarian Di Restoran-Restoran Berikut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.